5 Petenis yang Wajib Diwaspadai di Turnamen Tanah Liat 2023, Bisa Geser Rafael Nadal?

Selasa, 21 Februari 2023 18:40 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
© REUTERS/Mike Segar
Petenis Spanyol, Carlos Alcaraz Garfia, juara US Open 2022. Foto: REUTERS/Mike Segar Copyright: © REUTERS/Mike Segar
Petenis Spanyol, Carlos Alcaraz Garfia, juara US Open 2022. Foto: REUTERS/Mike Segar

INDOSPORT.COM - Rafael Nadal mendapat julukan 'Raja Tanah Liat' setelah banyaknya menjuarai turnamen di lapangan tanah liat. Namun, dia dan petenis lainnya wajib waspada karena ada sederet petenis baru yang juga unggul bermain di tanah liat.

Satu-satunya pemain yang terbukti menjadi ancaman nyata bagi dominasi Nadal di lapangan tanah liat adalah Novak Djokovic, yang dalam beberapa kesempatan mengalahkan Nadal.

Meski kedua petenis hebat itu masih aktif bermain, ada beberapa wajah baru yang bisa sangat memengaruhi peluang mereka untuk memenangkan gelar dan mendominasi musim lapangan tanah liat mendatang tahun ini.

Untuk mengetahuinya, berikut lima petenis baru yang wajib diwaspadai di turnamen tanah liat pada musim 2023 ini.

Carlos Alcaraz

Sensasi Carlos Alcaraz terus membuat dunia tenis membicarakannya ketika dia mengalahkan rekan senegaranya, Rafael Nadal, di Mutua Madrid Open dengan skor 6-2, 1-6, 6-3 di perempat final 2022.

Kedua petenis asal Spanyol itu hanya pernah bentrok dua kali sebelumnya, di mana Nadal unggul dua kali. Namun di Madrid Masters, Alcaraz melewati seniornya tersebut dalam tiga set.

Alcaraz, 19 tahun, memulai tahun 2022 dengan menjuarai Rio Open pada Februari dengan mengalahkan Diego Schwartzman. Dia juga menang di Barcelona Open dengan mengalahkan Pablo Carreno Busta.

Alcaraz juga sukses besar di lapangan lain yang membuatnya menjadi penantang serius. Tidak hanya untuk musim lapangan tanah liat saja, tetapi juga untuk musim tenis 2023 secara umum.