Ada Isu Pemain Terkendala Visa Jelang All England, Dewan BWF Colek Kemenlu

Jumat, 24 Februari 2023 22:26 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Dewan BWF, Bambang Roedyanto, mencolek Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi terkait isu pebulu tangkis Indonesia terkendala visa jelang All England 2023. Copyright: © INDOSPORT
Dewan BWF, Bambang Roedyanto, mencolek Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi terkait isu pebulu tangkis Indonesia terkendala visa jelang All England 2023.

INDOSPORT.COM – Dewan BWF, Bambang Roedyanto, mencolek Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, terkait isu pebulutangkis Indonesia terkendala visa menjelang All England 2023.

Turnamen bulutangkis All England 2023 direncakan bakal berlangsung di Ulitita Arena, Birmingham, Inggris, pada 14-19 Maret mendatang .

Berlabel BWF Super 1000, All England 2023 menyediakan hadiah fantastis mencapai 1,25 juta dolar AS (sekitar Rp18,75 miliar).

Sejumlah negara mengirimkan pebulutangkis dengan ranking terbaik demi misi berburu gelar juara di turnamen badminton tertua di dunia tersebut.

Indonesia sebagai salah satu negara tersukses sejak All England digelar pertama kali pada 1899, akan turut mengirimkan skuat terbaik di musim ini.

Menurut data terbaru dari BWF Corporate, ada 19 pemain atau pasangan Indonesia yang resmi dipastikan akan berlaga di All England 2023.

Akan tetapi, belakangan mencuat isu bahwa ada isu pemain kesulitan mengurus visa menuju Inggris. Hal ini juga dikemukakan oleh dewan BWF, Bambang Roedyanto melalui akun Twitter.

Dalam cuitannya, pria yang akrab disapa Koh Rudy ini mengeluh saat ini paspor Indonesia tidak bisa diterima di banyak negara, sehingga dalam prosesnya harus membutuhkan visa.

Masalahnya, visa yang diberikan oleh Kementerian Luar Negeri untuk warga negara Indonesia yang ingin keluar negeri masih belum memberlakukan visa jangka panjang.

Tak ayal, masalah ini sampai membuat Koh Rudy pusing sampai-sampai dia meminta langsung kepada Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi untuk meringankan persyaratan visa untuk pebulutangkis jelang All England 2023.

“Bu Retno, Menlu RI, mohon supaya paspor Indonesia bisa diterima banyak negara… setidaknya bisa kasih visa jangka panjang (3-5 tahun),” tulis Koh Rudy.