Kisah Pitha Haningtyas Nyaris Angkat Kaki dari Pelatnas, Diselamatkan Rinov Rivaldy

Minggu, 26 Februari 2023 11:30 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Pebulu tangkis Pitha Haningtyas Mentari mengaku nyaris angkat kaki dari Pelatnas PBSI, tetapi tawaran Rinov Rivaldy menyelamatkan kariernya. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Pebulu tangkis Pitha Haningtyas Mentari mengaku nyaris angkat kaki dari Pelatnas PBSI, tetapi tawaran Rinov Rivaldy menyelamatkan kariernya. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis Pitha Haningtyas Mentari mengaku nyaris angkat kaki dari Pelatnas PBSI. Namun, tawaran Rinov Rivaldy menyelamatkan kariernya.

Sebagaimana diketahui, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari merupakan pasangan ganda campuran nomor satu di Pelatnas PBSI.

Saat ini Rinov/Pitha menduduki peringkat sembilan dunia. Ini merupakan pencapaian tertinggi bagi pasangan muda berusia 23 tahun tersebut.

Padahal, saat hadir menjadi bintang tamu di program Up Close yang tayang di Usee TV, Pitha Haningtyas Mentari mengaku nyaris menyerah dari Pelatnas dan ingin kuliah.

Alasannya, Pitha yang saat itu menjadi pebulu tangkis ganda putri junior, memiliki prestasi yang stagnan dan tertinggal dari rekan-rekan seumurannya.

"Setelah AJC (Asian Junior Championship) ada Malaysia, di situ mulai merasa, aku masih bisa bertahan enggak ya? Masih bisa bersaing enggak ya? Karena yang barengan aku prestasinya bagus-bagus."

"Sebelum WJC, sekitar sebulan atau dua bulan, Ayah nanyain, di Pelatnas mau main bulutangkis aja fokus, atau mau sambil kuliah? Karena aku juga sudah lumayan banyak ngeluh," curhat Pitha Haningtyas.

"Aku bilang, tunggu sampai akhir tahun ini, kalau enggak ada juara, ya sudah tahun depan daftar kuliah," imbuhnya lagi.

Setelah itu, Pitha Haningtyas Mentari mendapat tawaran tak terduga, untuk bermain di sektor ganda campuran.

Meski sempat mengira itu adalah candaan saja, tetapi akhirnya Pitha menerima untuk berpasangan dengan Rinov Rivaldy, debut di ajang World Junior Championship 2017.