Buka-bukaan, Liew Daren Curhat Tantangan ‘Gantikan’ Indra Wijaya Melatih Lee Zii Jia

Senin, 27 Februari 2023 16:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Luis Veniegra/SOPA Images/LightRocket via Getty Images
Pebulutangkis veteran Malaysia, Liew Daren, mengungkapkan sulitnya menggantikan peran Indra Wijaya sebagai pelatih Lee Zii Jia. Copyright: © Luis Veniegra/SOPA Images/LightRocket via Getty Images
Pebulutangkis veteran Malaysia, Liew Daren, mengungkapkan sulitnya menggantikan peran Indra Wijaya sebagai pelatih Lee Zii Jia.

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis veteran Malaysia, Liew Daren, mengungkapkan sulitnya menggantikan peran Indra Wijaya sebagai pelatih Lee Zii Jia.

Liew Daren saat ini tengah menjalani peran gandanya sebagai pemain sekaligus pelatih untuk rekan senegaranya, yakni tunggal putra nomor 4 dunia, Lee Zii Jia.

Peran tersebut dijalaninya sejak Lee Zii Jia memutuskan berpisah dengan pelatih asal Indonesia, Indra Wijaya, pada November 2022 kemarin.

Lee Zii Jia sampai saat ini belum merekrut pelatih baru karena dia ingin bermain solo tanpa pelatih, di tengah perselisihan hukum antara dirinya dengan Indra Wijaya yang belum tuntas.

Tak ayal, Daren Liew yang awalnya ditunjuk sebagai asisten Indra Wijaya dan sebagai sparring partner kini lebih sering bertugas  sebagai pelatih paruh waktu.

Liew Daren pun akan memainkan tugas gandanya tersebut saat dia dan Lee Zii Jia sama-sama ambil bagian di ajang German Open di Mulheim pada 7-12 Maret mendatang.

Menurut Liew Daren yang memiliki pengalaman bulutangkis 15 tahun, tantangan utama menjadi pelatih Lee Zii Jia adalah konsistensi.

“Menangani Zii Jia bukanlah suatu tantangan… tantangannya adalah menemukan cara bagaimana mempertahankan konsistensinya,” kata Daren dilansir dari The Star.

Konsistensi yang dimaksud Liew Daren tersebut, dirinya sekarang tidak hanya memikirkan dirinya sendiri namun juga berpikir keras untuk membantu Lee Zii Jia meningkat secara performa.

“Ketika saya bermain, saya hanya harus memikirkan diri saya sendiri tetapi sekarang, saya juga harus melihat sesuatu dari sudut pandang Zii Jia,” terang Daren.

“Saya belajar banyak hal dalam waktu singkat ini sebagai pelatih paruh waktu. Semua pengalaman ini justru membuat saya lebih baik (secara performa).”