Ada Apa Dengan PBSI? 2 Pewaris Tahta Richard Mainaky Pilih Cabut Cepat-cepat

Rabu, 1 Maret 2023 21:54 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
© Choi Won-Suk/AFP/Getty Images/HUMAS PP PBSI
PBSI akhir-akhir ini sedang disorot usai pewaris tahta Richard Mainaky, yakni Richard Mainaky dan Flandy Limpele, pilih hengkang cepat dari jabatannya. Ada apa? Copyright: © Choi Won-Suk/AFP/Getty Images/HUMAS PP PBSI
PBSI akhir-akhir ini sedang disorot usai pewaris tahta Richard Mainaky, yakni Richard Mainaky dan Flandy Limpele, pilih hengkang cepat dari jabatannya. Ada apa?

INDOSPORT.COM – PBSI akhir-akhir ini sedang disorot usai pewaris tahta Richard Mainaky, yakni Richard Mainaky dan Flandy Limpele, pilih hengkang cepat dari jabatannya. Ada apa?

Sebagaimana diketahui, Richard Mainaky mengakhiri kariernya sebagai pelatih nasional sektor ganda campuran setelah 26 tahun mengabdi di Pelatnas PBSI Cipayung.

Pelatih bulutangkis kelahiran Ternate, Maluku Utara itu memutuskan untuk mundur dari jabatannya di Pelatnas PBSI sejak 27 September 2021 tahun lalu.

Banyak pebulutangkis ganda campuran hebat lahir dari didikannya, seperti juara Olimpiade Rio 2016, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Kemudian juara All England 2016, Praveen Jordan/Debby Susanto, hingga Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti juara All England 2020.

Saat itu Richard Mainaky memutuskan pensiun demi alasan regenerasi pelatih, yang akhirnya jabatannya diteruskan oleh Nova Widianto.

“Saya rasa sudah cukup, kalau saya terus di sana kapan pelatih-pelatih muda mau berkembang? Di pikiran saya, selain ada regenerasi pemain harus juga ada regenerasi pelatih,” ucap Richard melansir Antara.

Usai Richard Mainaky pensiun meninggalkan PBSI, Nova Widianto sebagai sang pewaris langsung membuat sejumlah gebrakan baru.

Sayangnya, Nova Widianto hanya mampu bertahan di PBSI hingga Desember 2022. Nova Widianto memilih bergabung dengan pelatnas Asosiasi Bulutangkis Malaysia pada 21 Desember 2022.

Tak lama setelah hengkangnya Nova Widianto, pelatih ganda campuran pratama (junior) PBSI, Flandy Limpele, juga memutuskan mundur dari jabatan yang diemban sejak April 2022 lalu.