In-depth

Flandy Limpele Cabut ke Hong Kong, 4 Pelatih Kelas Dunia Ini 'Disia-siakan' PBSI

Rabu, 1 Maret 2023 12:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Choi Won-Suk/AFP/Getty Images/HUMAS PP PBSI
Flandy Limpele dan Nova Widianto, dua mantan pelatih ganda campuran Indonesia yang dilepas PBSI. Foto: Choi Won-Suk/AFP/Getty Images/HUMAS PP PBSI. Copyright: © Choi Won-Suk/AFP/Getty Images/HUMAS PP PBSI
Flandy Limpele dan Nova Widianto, dua mantan pelatih ganda campuran Indonesia yang dilepas PBSI. Foto: Choi Won-Suk/AFP/Getty Images/HUMAS PP PBSI.

INDOSPORT.COM - Dengan perginya Flandy Limpele ke Hong Kong, setidaknya ada empat pelatih bulutangkis kelas dunia yang sudah 'disia-siakan' oleh PBSI.

Sebagaimana diketahui, Flandy Limpele adalah salah satu pelatih bulutangkis asli Indonesia yang sudah berkecimpung di kancah dunia.

Sebelumnya, ia dipercaya untuk pelatih ganda putra India hingga Malaysia. Banyak prestasi yang ia torehkan saat berkarier di luar negeri.

Flandy Limpele kemudian dipulangkan ke Indonesia pada April 2022, untuk menukangi ganda campuran pratama atau pemain usia muda.

Debutnya sebagai pelatih ganda campuran Indonesia berbuah manis, ia membawa pasangan Amri Syahnawi/Winny Oktavina Kandow menjuarai tiga turnamen beruntun.

Anak asuh Flandy Limpele yang lain, Jafar Hidayatullah/Aisyah Salsabila Putri Pranata, juga membuat kejutan saat mampu melaju ke perempat final Indonesia Masters 2023.

Namun kini, Flandy Limpele menyatakan minggat dari PBSI, dan menyeberang ke Hong Kong dengan tawaran kontrak yang lebih baik.

Nah, termasuk Flandy Limpele, berikut INDOSPORT.COM telah merangkum empat pelatih kelas dunia yang pergi dari PBSI.

1. Flandy Limpele

Flandy Limpele hijrah ke Hong Kong dan menjabat sebagai pelatih multiposisi. Ia dikontrak selama dua tahun untuk memajukan olahraga ini di negara berjuluk Mutiara dari Timur. 

Dengan perginya Flandy, saat ini posisi pelatih ganda campuran Indonesia jadi kosong. PBSI masih belum menunjuk pelatih, meski banyak turnamen di depan mata.

Banyak Badminton Lovers (BL) yang menyayangkan PBSI tidak memberikan kontrak yang jelas, sehingga membuat Flandy Limpele minggat dari Tanah Air.