Bantu Novak Djokovic Main di Miami Open, Pejabat Amerika Tulis Surat ke Presiden

Minggu, 5 Maret 2023 09:18 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Tim Clayton/Corbis via Getty Images
Nasib Novak Djokovic di Miami Open masih jadi perbincangan karena status vaksinnya. Foto: Tim Clayton/Corbis via Getty Images. Copyright: © Tim Clayton/Corbis via Getty Images
Nasib Novak Djokovic di Miami Open masih jadi perbincangan karena status vaksinnya. Foto: Tim Clayton/Corbis via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Novak Djokovic mendapat dukungan dari pejabat Amerika Serikat (AS) untuk bisa tampil di turnamen tenis ATP Masters 1000 Miami Open.

Gelaran Miami Open 2023 sendiri akan digelar mulai 19 Maret mendatang dan tidak akan diikuti oleh salah satu pemain kawak di kategori men’s singles, Rafael Nadal.

Petenis asal Spanyol tersebut memutuskan mundur dari agenda ATP Masters 1000 di AS bulan Maret ini karena ingin memfokuskan diri pada kondisi kebugarannya.

Tanpa Rafael Nadal, kini para penonton pun terancam tidak bisa menyaksikan penampilan pemain top lainnya yakni Novak Djokovic.

Peraih 22 Grand Slam itu terkendala izin masuk AS karena status vaksinasi Covid-19, yang tahun lalu juga menghalanginya bermain di Australian Open.

Tidak ayal, desas-desus tentang partisipasi Novak Djokovic di Miami Open 2023, bahkan Indian Wells pun mulai menggema selama beberapa waktu terakhir.

Namun di tengah isu penting ini muncul fenomena menarik di mana sang petenis mendapat bantuan serta dukungan dari pejabat AS supaya bisa main di Miami.

Adalah Rick Scott dan Marco Rubio, senator Florida yang memberi dukungan tersebut kepada Novak Djokovic melalui surat ke Presiden Joe Biden.

Surat itu berisi permintaan mengecualikan Novak Djokovic dari syarat-syarat administrasi vaksin yang berlaku saat ini di AS, agar ia bisa bermain di Miami Open.

Surat untuk Presiden Joe Biden tentang Novak Djokovic tersebut sebagaimana tertuang dalam rilis pers di laman rickscott.senate.gov tertanggal 3 Maret 2023.