In-depth

Sebuah Kisah Syahdu di All England: Pengorbanan Tak Lazim Pemain India di Lapangan

Minggu, 5 Maret 2023 18:51 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© INDOSPORT
Sebuah kisah menarik dari salah satu gelaran All England sepanjang masa. Copyright: © INDOSPORT
Sebuah kisah menarik dari salah satu gelaran All England sepanjang masa.

INDOSPORT.COM - Turnamen bulutangkis All England menyimpan banyak kisah dan kejadian menarik yang terjadi di setiap edisinya, termasuk dari pemain India.

Meski wakil India jarang tampil di podium juara, ada secuil kisah menarik tentang pemain dari negara ini di edisi 1947.

Adalah Prakash Nath dan Devinder Mohan, sepasang sahabat yang apesnya harus bersua di lapangan sebagai musuh di perempat final.

Saat itu, Prakash Nath lolos ke babak delapan besar setelah menumbangkan pemain Irlandia bernama Tod Majury dengan skor akhir 15-11, 15-11.

Di sisi lain, Devinder Mohan menjadi perempat finalis setelah menumpas perlawanan pemain bulutangkis Inggris yakni Tom Wigfield 15-12, 15-5.

Sialnya, dua pemain India yang pada waktu itu mewakili negaranya sebelum kemerdekaan, terpaksa melakoni ‘perang’ saudara di lapangan.

Meski demikian, mereka berdua nampaknya cukup bersyukur lantaran ada jaminan bahwa negaranya akan mengirim satu wakil di semifinal nanti.

Nah masalahnya, siapa di antara keduanya yang akan menginjakkan kaki ke sana? Tentu saja, berduel di lapangan akan menentukan jawabannya.

Namun siapa sangka, baik Prakash Nath maupun Devinder Mohan justru mengambil keputusan besar dan membuat dahi orang-orang berkerut: menentukan pemenang lewat tos koin.

Ya, alih-alih bertarung menghadapi kawan sendiri, mereka lebih memilih berkorban. Toh siapa saja yang lolos adalah wakil India dan itu tidak perlu diperdebatkan.