Laporkan Dugaan Pelecehan Seksual Badminton USA, Begini Nasib Pelatih asal Skotlandia Usai Dipecat

Jumat, 10 Maret 2023 12:45 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Andrew Matthews - EMPICS/PA Images via Getty Images
Dipecat Badminton USA dan jadi pelapor dugaan pelecehan seksual, pelatih Alistair Casey disebut telah menerima 1 juta dolar untuk penyelesaian kasus. Copyright: © Andrew Matthews - EMPICS/PA Images via Getty Images
Dipecat Badminton USA dan jadi pelapor dugaan pelecehan seksual, pelatih Alistair Casey disebut telah menerima 1 juta dolar untuk penyelesaian kasus.

INDOSPORT.COM – Dipecat Badminton USA dan jadi pelapor dugaan pelecehan seksual, pelatih Alistair Casey, disebut telah menerima 1 juta dolar untuk penyelesaian kasus.

Alistair Casey adalah mantan pebulu tangkis serba bisa kelahiran Skotlandia pada 23 Februari 1981. Dia pernah menghuni peringkat 62 tunggal putra, 92 ganda putra, dan 171 ganda campuran.

Beragam gelar telah diraih oleh Alistair Casey yang hidup dalam masa dominasi Lee Chong Wei hingga Lin Dan tersebut.

Puncaknya, Alistair Casey memutuskan untuk gantung raket dan banting setir sebagai pelatih bulutangkis. Dia telah malang-melintang di klub ternama.

Alistair Casey kemudian dipercaya untuk menjadi kepala pelatih staff Badminton Amerika Serikat (USA) sejak tahun 2016.

Pada  Jumat (10/03/23), Alistair Casey  juga dipercaya untuk melatih atlet-atlet Amerika Serikat untuk Olimpiade 2016 dan 2020.

Sayangnya badai kehidupan datang ketika Alistair Casey diberhentikan dari jabatannya oleh Badminton USA sekitar tahun 2021 lalu.

Melansir Inside The Games, Alistair Casey  disebut dipecat dan menuduh CEO Badminton USA, Linda French, dan penasihat umum, John Little, menekannya untuk tidak melapor soal dugaan pelecehan seksual yang berlangsung hampir satu dekade di Badminton Amerika Serikat.

“Saya tahun ini akan menjadi akhir dari pekerjaan saya (sebagai pelatih di Amerika Serikat),” kata Alistair Casey pada Los Angeles Times beberapa saat setelah dia melaporkan kasus tersebut beberapa saat lalu.

Tuduhan pelecehan pertama kali datang pada tahun 2012 ketika seorang remaja memberi tahu sesama pemain bulutangkis bahwa ada pelatih yang telah berulang kali memaksanya berhubungan seks.