5 Pebulutangkis yang Bangkit Lebih Kuat Setelah Kembali dari Masa Hukuman, 2 dari Indonesia

Kamis, 9 Maret 2023 16:46 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor: Isman Fadil
© Humas PP PBSI
Pebulu tangkis tunggal putra Jepang, Kento Momota Copyright: © Humas PP PBSI
Pebulu tangkis tunggal putra Jepang, Kento Momota

INDOSPORT.COM - Bulutangkis kelas dunia rupanya tak selalu bersih dari berbagai praktik kecurangan atau perbuatan melanggar aturan. 

Bahkan beberapa kasus menyeret nama-nama pemain bulutangkis papan atas yang kiprah dan prestasinya banyak dikagumi.

Berbagai kasus tersebut paling banyak berupa pengaturan skor dan pemakaian doping, meski beberapa di antaranya dilakukan secara tak sengaja.

Mereka yang melanggar lalu mendapat hukuman dari federasi bulutangkis di negara masing-masing, maupun dari Federasi Bulutangkis Dunia (BWF).

Usai menjalani masa hukuman, tak sedikit dari mereka yang kembali aktif ke lapangan dan bahkan sanggup meraih prestasi yang luar biasa.

Siapa saja para pebulutangkis tersebut? INDOSPORT telah merangkumnya dari berbagai sumber.

Kento Momota

Kento Momota adalah salah satu tunggal putra Jepang yang menjanjikan. Ia digadang-gadang akan menjadi andalan negaranya untuk menggondol medali di Olimpiade 2016.

Sayangnya, ia bersama pemain lain, Kenichi Tago pada 2016 lalu terbukti mendatangi kasino dan berjudi. Aktivitas tersebut dianggap ilegal di Jepang dan keduanya langsung mendapat hukuman.

Momota dilarang bermain hingga akhir tahun 2017, sementara Tago mendapat larangan bermain seumur hidup. Keduanya juga ditendang dari tim Jepang yang tengah mempersiapkan diri jelang Olimpiade.

Namun usai kembali dari masa hukuman, Momota langsung melejit. Ia menghuni peringkat 1 dunia dan bahkan masuk Guinness Book of World Records sebagai tunggal putra dengan gelar terbanyak dalam 1 tahun pada 2019 silam.