Sampai Kehabisan Kata, Legenda Ganda Putra China Dibuat Terkesima dengan Hendra Setiawan

Kamis, 23 Maret 2023 18:39 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Juara dunia 4 kali kali asal China, Cai Yun, dibuat terkesima dengan karakter Hendra Setiawan yang baru tembus final All England 2023 dengan Hendra Setiawan. Copyright: © PBSI
Juara dunia 4 kali kali asal China, Cai Yun, dibuat terkesima dengan karakter Hendra Setiawan yang baru tembus final All England 2023 dengan Hendra Setiawan.

INDOSPORT.COM – Juara dunia empat kali kali asal China, Cai Yun, dibuat terkesima dengan karakter Hendra Setiawan yang baru tembus final All England 2023 dengan Mohammad Ahsan.

Cai Yun memang menjadi salah satu legenda bulutangkis China berkat pencapaian menterengnya selama masih berkarier sebagai atlet.

Selain emas Kejuaraan Dunia empat kali (2006, 2009, 2010, 2011), Cai Yun juga memiliki pencapaian tertinggi sebagai penyabet emas Olimpiade 2012 dan perak Olimpiade 2008.

Salah satu musuh terbesar Cai Yun saat itu adalah Hendra Setiawan. Masih ingat betul ketika Cai Yun/Fu Haifeng gagal menyabet emas Olimpiade 2008 karena dijegal Hendra Setiawan/Markis Kido di final.

Saat Hendra Setiawan berganti partner dengan Bona Septano hingga Mohammad Ahsan, Cai Yun pun kerap kali terjegal dari musuh yang sama.

Pada usianya yang sudah menginjak 43 tahun, Cai Yun kini telah menikmati masa-masa pensiun. Sementara Hendra Setiawan masih berjibaku sebagai atlet pada usianya yang sudah 38 tahun.

Berpasangan dengan Mohammad Ahsan, Hendra Setiawan bahkan masih sanggup kompetitif menapaki ranking tiga dunia di antara gempuran pemain muda.

Teranyar, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan bahkan sukses menembus final turnamen bulutangkis bergengsi All England 2023. Hasil itu menjadi final kesekian kalinya bagi Ahsan/Hendra di All England.

Meski pada akhirnya mereka dikalahkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dengan skor 17-21 dan 14-21 di final, Minggu (19/03/23), tetapi pencapaian Ahsan/Hendra tetap banjir apresiasi.

Cai Yun sebagai mantan rival bebuyutan bahkan secara khusus memberikan pujian setinggi langit kepada Hendra Setiawan bersama Mohamamd Ahsan di All England 2023.