Sejarah Manis di Spain Masters, Rezeki Indonesia Ada di Sektor Ganda Putri?

Senin, 27 Maret 2023 16:32 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Mark Phelan/Badminton Photo
Ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu saat juara India Open 2019. Mereka juga menyabet gelar juara Spain Masters 2020. Copyright: © Mark Phelan/Badminton Photo
Ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu saat juara India Open 2019. Mereka juga menyabet gelar juara Spain Masters 2020.

INDOSPORT.COM - Indonesia memiliki sejarah manis di ajang bulutangkis Spain Masters. Sektor ganda putri paling banyak menjuarai turnamen di Negeri Matador ini.

Sebagaimana diketahui, skuat bulutangkis Indonesia akan melanjutkan tur Eropa, dan bertanding di Spain Masters 2023, mulai 28 Maret hingga 2 April 2023.

Indonesia mengirimkan 20 wakil terbaiknya, termasuk ganda putra nomor satu dunia, Fajar Alfian/Rian Ardianto. Ada tiga pemain yang sebelumnya dikabarkan cedera di Swiss Open 2023, yakni Chico Aura Dwi Wardoyo, Rinov Rivaldy, dan Apriyani Rahayu.

Ada kemungkinan jika jumlah wakil Merah Putih akan berkurang, namun jika melihat sejarah, peluang untuk membawa pulang gelar juara Spain Masters tetap besar.

Menariknya, kali ini bukan sektor ganda putra yang mendominasi, melainkan sektor ganda campuran yang mengirimkan wakil terbanyak ke Spanyol, yakni tujuh pasang.

Peluang juga dimiliki oleh sektor ganda putri, yang mengirimkan empat pasangan terbaik Pelatnas, meskipun ada pula kemungkinan Apriyani Rahayu/Siti Fadia mundur. 

Jika benar demikian, pasangan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, serta Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto otomatis menjadi harapan.

Disusul, pasangan muda Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspita Sari akan berjuang dari babak kualifikasi.

Jika menilik sejarah, sektor ganda putri memang yang paling banyak menyumbang gelar juara Spain Masters, dibanding sektor lainnya. Siapa saja atlet yang pernah juara?