Nasib Beach World Games Ikut Suram, BWF 'Yakin' AirBadminton Bisa Sukses di Bali

Jumat, 31 Maret 2023 12:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© instagram/bwf.official
BWF meyakini turnamen AirBadminton di acara ANOC World Beach Games ke-2 di Bali bakal sukses meski dibayangi isu ikut dibatalkan menyusul Piala Dunia U-20 2023. Foto: instagram/bwf.official. Copyright: © instagram/bwf.official
BWF meyakini turnamen AirBadminton di acara ANOC World Beach Games ke-2 di Bali bakal sukses meski dibayangi isu ikut dibatalkan menyusul Piala Dunia U-20 2023. Foto: instagram/bwf.official.

INDOSPORT.COM – Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) meyakini turnamen AirBadminton di acara ANOC World Beach Games ke-2 di Bali bakal sukses meski dibayangi isu ikut dibatalkan menyusul nasib Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Dalam laman resminya, BWFBadminton.com, induk bulutangkis dunia tersebut mengklaim bahwa persiapan World Beach Games yang akan digelar 5-12 Agustus 2023 sedang berjalan lancar.

Acara World Beach Games ini salah satunya mempertandingkan cabang olahraga baru, yakni bulutangkis di luar ruangan atau dikenal dengan AirBadminton.

Persiapan sedang berjalan lancar untuk debut AirBadminton di ANOC World Beach Games ke-2 di Bali (5-12 Agustus 2023),” demikian tulis BWF.

AirBadminton pada World Beach Games ini akan diikuti oleh peserata yang lolos baik melalui daftar Peringkat Tim Dunia BWF (per 3 Januari 2023) atau dengan memenangkan salah satu acara Triples di turnamen Kualifikasi Kontinental.

Berdasarkan Peringkat Tim Dunia BWF, lima negara telah lolos: China, Jepang, Korea, Denmark, dan Jerman.

Hanya tiga negara per benua yang dapat lolos melalui Peringkat Tim Dunia BWF. Sementara Indonesia sudah dipastikan lolos karena statusnya sebagai tuan rumah.

Bermodal keyakinan bahwa World Beach Games tetap akan dilangsungkan, BWF pun menjabarkan formar AirBadminton yang akan diadakan di Pantai Jimbaran nantinya.

“Pertandingan akan dipentaskan di arena AirBadminton yang dibangun khusus, dan akan menampilkan 72 pemain (36 pria dan 36 wanita) yang bersaing dalam empat pertandingan medali, yakni Estafet Tim Campuran, Tripel Putra, Tripel Putri, dan  Ganda Campuran,” tulis BWG.

Menariknya, Komisi Undangan ANOC World Beach Games dapat mengundang dua Triples (satu tim pria dan satu tim wanita) ke Olimpiade Paris 2023 mendatang.