Termasuk Kento Momota, 4 Pemain Unggulan Ini Hanya jadi Cadangan di BAC 2023

Senin, 3 April 2023 18:36 WIB
Penulis: Martini | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Naomi Baker/Getty Images
Pebulutangkis asal Jepang, Kento Momota hanya masuk dalam daftar tunggu atau pemain cadangan di Badminton Asia Championships (BAC) 2023. Copyright: © Naomi Baker/Getty Images
Pebulutangkis asal Jepang, Kento Momota hanya masuk dalam daftar tunggu atau pemain cadangan di Badminton Asia Championships (BAC) 2023.

INDOSPORT.COM - Termasuk Kento Momota, ada empat pebulutangkis tunggal putra unggulan yang kini hanya jadi pemain cadangan di Badminton Asia Championships 2023.

Sebagaimana diketahui, Badminton Asia Championships (BAC) adalah turnamen bulutangkis tahunan, khusus untuk para pemain terbaik di level Asia.

Turnamen Badminton Asia Championships (BAC) 2023 rencananya akan dihelat di Dubai Exhibition Centre, pada tanggal 25-30 April 2023 mendatang.

Namun, tidak semua pemain bisa lolos ke BAC 2023. Hanya pemain yang 'eligible' atau prioritas yang bisa mengikuti ajang ini.

Status pemain eligible atau pemain prioritas dihitung melalui ranking dunia para pemain. Setiap sektor hanya mengirimkan paling banyak empat pemain terbaik di negaranya.

Maka dari itu, ada beberapa pemain yang pernah jadi unggulan, namun kini mereka justru hanya jadi pemain cadangan untuk perhelatan BAC 2023. Siapa saja mereka?

1. Kento Momota

Kento Momota pernah menjadi tunggal putra nomor satu dunia. Namun banyak kendala yang ia hadapi, mulai dari skandal judi, kecelakaan lalu lintas, hingga masalah mentalitas.

Kini, ranking Kento Momota terjun bebas ke nomor 22 dunia. Ia disalip oleh sesama atlet andalan Jepang, Kodai Naraoka (5), Kenta Nishimoto (15), dan Kanta Tsuneyama (18).

Karena sektor tunggal putra dikuasai oleh pemain Asia, dan hanya ada 18 pemain yang bisa berlaga di BAC 2023, maka nama Kento Momota ada dalam daftar tunggu alias cadangan.

Jika ada satu saja pemain tunggal putra yang mundur dari BAC 2023, maka Kento Momota akan masuk dalam daftar pemain yang akan tampil di Dubai Exhibition Centre.