In-depth

5 Negara dengan Gelar Terbanyak Saat Jalani Tur Eropa di BWF World Tour

Jumat, 14 April 2023 21:46 WIB
Editor: Juni Adi
© PBSI
Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung di Swiss Open 2023. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung di Swiss Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Para pebulutangkis dari berbagai negara saat ini tengah mengalami masa rehat, usai menjalani sejumlah turnamen di Eropa dalam rangkaian BWF World Tour.

Terakhir turnamen bulutangkis bergengsi yang terselenggara adalah Orleans Masters 2023 beberapa hari lalu. Dimulai pada Selasa (04/04/23) berakhir di Minggu (09/04/23) lalu.

Kompetisi badminton bergengsi ini dimainkan di Palais Des Sports, Orleans, Prancis. Wakil Indonesia sudah pernah menyabet gelar juara sebelumnya.

Pada tahun 2022 lalu, ada Putri Kusuma Wardani yang memenangi nomor tunggal putri. Tahun ini, podium tersebut diambil oleh wakil Spanyol, Carolina Martin.

Satu-satunya harapan Indonesia menjuarai turnamen BWF Super 300 ini ada di tangan pasangan ganda putra, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri yang menjadi satu-satunya wakil Merah Putih di final.

Sebelumnya, di semifinal mereka mengalahkan sesama wakil Indonesia, yaitu Leo Rolly Carnado/Daniel Marthin.

Sayang, di partai puncak Bagas/Fikri harus kandang dari pasangan China, Chen Bo Yang/Liu Yi dengan skor 21-19, 21-17.

Setelah turnamen Orleans Masters 2023, BWF World Tour final akan kembali bergulir pada akhir Mei mendatang di Malaysia. Tepatnya Malaysia Masters 2023 yang akan digelar di Kuala Lumpur pada 23-28 Mei 2023.

Turnamen berlavel super 500 ini akan memperebutkan hadiah senilai 350 ribu dolar AS atau sekitar Rp5,23 miliar.

Setelahnya, para pebulu tangkis dunia akan berlaga dalam turnamen Thailand Open 2023. Akan menjalani tur Asia Tenggara, Indonesia tentu tidak ingin pulang ke Tanah Air dengan tangan hampa.

Sejumlah target juara telah dicanangkan dalam serangakaian turnamen di Asia Tenggara ini dimulai pada Malaysia Masters 2023.

Pada tour Eropa sendiri, Indonesia sebenarnya juga mampu meraih gelar juara meski di turnamen terakhir pasangan Bagas/Fikri kalah di final Orleans Masters 2023. 

Namun gelar juara tersebut masih kalah dari negara lain. Lantas siapa saja negara yang mampu mendulang banyak trofi dari lawatannya ke Eropa? berikut daftarnya: