Kena Razia BWF, Pebulutangkis Indonesia Bayar Denda Puluhan Juta Rupiah?

Sabtu, 15 April 2023 12:35 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Yuhariyanto/Indosport.com
Pebulutangkis Indonesia dikabarkan ada yang harus bayar denda puluhan juta ke Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) karena tak ikut serta di turnamen super 750/1000. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/Indosport.com
Pebulutangkis Indonesia dikabarkan ada yang harus bayar denda puluhan juta ke Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) karena tak ikut serta di turnamen super 750/1000.

INDOSPORT.COM – Pebulutangkis Indonesia dikabarkan ada yang harus bayar denda puluhan juta ke Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) karena tak ikut serta di turnamen super 750/1000.

Dketahui, BWF telah menetapkan program Top Comitted Players (Pemain Berkomitmen Teratas) pada 22 November 2022.

Pemain tunggal putra dan putri yang berada di ranking 15 teratas dan ganda putra dan putri serta ganda campuran yang berada di ranking 10 teratas akan masuk di Top Comitted Players.

Menurut aturan BWF, pemain yang masuk di Top Comitted Players itu terhitung sejak perilisan ranking BWF per 15 November 2022 dan diwajibkan mengikuti tiga turnamen bulutangkis level tertinggi.

Yakni BWF World Tour Finals (jika memenuhi kualifikasi), empat turnamen super 1000, enam turnamen super 750 dan dua dari sembilan turnamen super 500.

Sementara itu, menurut informasi dari Bambang Roediyanto, BWF akan memberlakukan denda bagi Top Comitted Players yang tak ikut serta dalam empat level turnamen bulutangkis teratas.

“BWF tidak main-main, pemain yang masuk top committed tapi tidak main di S750/1000, denda 5000 dollar AS,” tulis Bambang Roediyanto yang merupakan Dewan BWF.

Sekadar informasi, 5.000 dolar AS setara dengan Rp73 juta. Tentu, jumlah fantastis yang harus dibayarkan pebulutangkis Top Comitted yang absen di turnamen level teratas tersebut.

Sementara itu, Bambang Roediyanto turut membocorkan ada pebulutangkis Indonesia yang harus membayar denda ke BWF. Sontak, badminton lovers lantas menerka siapakah pemain itu.

Banyak yang meyebut Kevin Sanjaya./Marcus Gideon yang absen di All England yang merupakan turnamen super 1000 itu. Lalu ada Praveen Jordan/Melati Daeva yang absen di dua turnamen Malaysia Open (S1000) dan India Open (S750).