Panas! Pilih Lee Zii Jia atau Penakluk Axelsen di Piala Sudirman, BAM Malah Kebingungan

Rabu, 19 April 2023 16:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Garfis: Yanto/INDOSPORT
BAM kebingungan antara Lee Zii Jia atau penakluk Viktor Axelsen yang akan menjadi tunggal putra pertama skuat mereka di Piala Sudirman 2023. Copyright: © Garfis: Yanto/INDOSPORT
BAM kebingungan antara Lee Zii Jia atau penakluk Viktor Axelsen yang akan menjadi tunggal putra pertama skuat mereka di Piala Sudirman 2023.

INDOSPORT.COM – Federasi Bulutangkis Malaysia (BAM) tengah kebingungan antara Lee Zii Jia atau penakluk Viktor Axelsen yang akan menjadi tunggal putra pertama skuat mereka di Piala Sudirman 2023.

Lee Zii Jia yang berstatus tunggal putra independen, bergabung dengan tim nasional Malaysia yang akan dikirim ke Piala Sudirman 2023 di Suzhou, China pada 14-15 Mei mendatang.

Berstatus sebagai tunggal putra nomor 4 dunia, tentunya akan mudah bagi Lee Zii Jia untuk dipilih sebagai pemain pertama yang mewakili Negeri Jiran sekaligus untuk Olimpiade Paris 2024.

Akan tetapi, BAM juga memiliki jagoannya sendiri. Yakni tunggal putra nomor 25 dunia, Ng Tze Yong yang tengah menunjukkan peningkatan performa belakangan ini.

Dibandingkan Lee Zii Jia, Ng Tze Yong tampil mengejutkan di musim ini salah satunya saat menyingkirkan juara bertahan All England, Viktor Axelsen, di Birmingham pada Maret lalu.

Pada turnamen yang sama, Lee Zii Jia justru menembus babak semifinal sebelum akhirya menyerah di tangan pemain China, Shi Yuqi.

“(Lee) Zii Jia telah memantapkan dirinya dan membuktikan sebelumnya bahwa dia adalah pemain tim yang andal di Piala Sudirman,” kata direktur kepelatihan tunggal putra nasional Wong Choong Hann dilansir dari The Star.

“Pada saat yang sama, terkadang setiap pemain memiliki preferensi lawan dan kami akan melihat persentase kemenangan dan pemain mana yang merasa lebih percaya diri,” lanjutnya.

“Ini adalah aspek-aspek kecil yang akan kita diskusikan tetapi kita perlu melakukan yang terbaik untuk mempersiapkan Zii Jia dan Tze Yong untuk pertandingan.”

Selain persoalan Lee Zii Jia dan Ng Tze Yong, BAM juga belum membuat rencana untuk mengarungi lawan-lawan tangguh di babak penyisihan Piala Sudirman 2023.