Skuad India di Piala Sudirman 2023: 'Bocah Ajaib' Lakshya Sen Cuma Cadangan?

Kamis, 20 April 2023 14:17 WIB
Penulis: Martini | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Robertus Pudyanto/Getty Images
Pebulutangkis India, Lakshya Sen yang mengalahkan Viktor Axelsen dan Anthony Sinisuka Ginting, hanya menjadi cadangan di Piala Sudirman 2023. Foto: Robertus Pudyanto/Getty Images. Copyright: © Robertus Pudyanto/Getty Images
Pebulutangkis India, Lakshya Sen yang mengalahkan Viktor Axelsen dan Anthony Sinisuka Ginting, hanya menjadi cadangan di Piala Sudirman 2023. Foto: Robertus Pudyanto/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Federasi Bulutangkis India resmi mengumumkan skuad andalan di Piala Sudirman 2023. Namun, 'bocah ajaib' Lakshya Sen hanya menjadi cadangan saja.

Sebagaimana diketahui, Piala Sudirman adalah turnamen bulutangkis beregu yang sangat prestisius, sehingga setiap negara berlomba-lomba mengirim atlet terbaiknya.

Demikian pula India, sebagai negara yang baru saja mengukir rekor kali pertama juara di Piala Thomas 2022, mereka pun berharap bisa mengukir sejarah juara Piala Sudirman.

India menurunkan para pemain terbaiknya di sektor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Untuk tunggal putra, India memilih untuk menurunkan dua pemain senior, Prannoy HS dan Srikanth Kidambi. Padahal jika melihat ranking, Lakshya Sen juga bisa bersaing.

Prannoy HS adalah pemilik ranking 9 tunggal putra dunia, sementara Srikanth Kidambi berada di urutan ke-23, lalu ada Lakshya Sen yang menghuni posisi ke-24.

Lakshya Sen digadang-gadang menjadi 'bocah ajaib' bulutangkis dunia.

Pasalnya, di usianya yang baru menginjak 21 tahun, ia sudah banyak menjegal para atlet unggulan, termasuk nomor satu dunia, Viktor Axelsen dan Anthony Ginting.

Apalagi, India tidak memiliki jadwal yang padat, tak seperti Indonesia yang harus membagi skuad bulutangkis andalannya untuk meraih prestasi di SEA Games 2023.

Lantas, apakah menepikan 'Bocah Ajaib' Lakshya Sen dari Piala Sudirman 2023 adalah keputusan yang tepat?