In-depth

Kisah Huang Hua, Jenius Bulutangkis yang Tinggalkan China dan Jadi WNI

Sabtu, 22 April 2023 14:20 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© medcom/dok.pribadi
Huang Hua selamanya akan dikenal sebagai jenius bulutangkis yang memilih meninggalkan China dan memutuskan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Copyright: © medcom/dok.pribadi
Huang Hua selamanya akan dikenal sebagai jenius bulutangkis yang memilih meninggalkan China dan memutuskan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

INDOSPORT.COM - Huang Hua selamanya akan dikenal sebagai jenius bulutangkis yang memilih meninggalkan China dan memutuskan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Salah satu portal berita China, Sports Sina, pernah memuat artikel yang isinya menyesalkan keputusan dari salah satu mantan atlet bulutangkis terbaiknya yakni Huang Hua.

Dalam pemberitaanya, mereka menyayangkan keputusan Huang Hua yang pensiun di tengah puncak kariernya dan mengundurkan diri saat ditunjuk jadi pelatih bulutangkis China.

Bagi yang tidak tahu, Huang Hua merupakan salah satu sosok pebulutangkis yang jenius di eranya. Tetapi begitu disayangkan dengan keputusan pensiunnya dengan cara yang disebut mereka tidak umum seperti biasanya.

Jika membahas mengenai pretasi, berbagai gelar juara sudah pernah diraih Huang Hua pada masa jayanya. Sebut saja seperti dua juara Piala Uber bersama China, Juara Dunia, Emas Asian Games, hingga perunggu Olimpiade.

Melihat prestasi mentereng itu, tak heran jika Huang Hua bisa saja disebut legenda bulutangkis China. Namun, wanita kelahiran 16 November 1969 itu punya cara sendiri untuk melanjutkan hidup.

Ya, secara mengejutkan ia memilih gantung raket pada saat kariernya sedang dalam puncak dan menjadi harapan China pada saat itu.

Keputusan itu diambil Huang Hua bukan tanpa alasan. Pasalnya ia merasa tidak punya alasan untuk menetap lebih lama sebagai atlet setelah sang ayah pergi untuk selamanya.

Disebutkan Huang Hua merasakan penyesalan mendalam, lantaran ia tidak bisa melihat sang ayah untuk terakhir kalinya karena bertempatan dengan ia sedang mengikuti turnamen bulutangkis internasional..

Kondisi itu membuat Huang Hua menyesal dan menyalahkan dirinya sendiri, hingga akhirnya keputusan untuk pensiun pun diambilnya.

Menurut Huang Hua, kematian ayahnya sudah membuat kariernya sebagai pebulutangkis papan atas China dan dunia saat itu sudah selesai.