Cerita Mudik Tiwi dan Fajar serta Kesedihan Rian Sebelum Tampil di BAC 2023

Senin, 24 April 2023 07:01 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Ganda putri Indonesia Ana/Tiwi berpose dalam keberangkatan jelang Badminton Asia Championships 2023 (BAC), Minggu (23/04/23). Copyright: © PBSI
Ganda putri Indonesia Ana/Tiwi berpose dalam keberangkatan jelang Badminton Asia Championships 2023 (BAC), Minggu (23/04/23).

INDOSPORT.COM - Di tengah persiapan menuju turnamen Badminton Asia Championships (BAC) 2023 di Dubai, Uni Emirat Arab, beberapa atlet bulutangkis PBSI menyempatkan mudik ke kampung halaman untuk rayakan lebaran bersama keluarga.

Atlet ganda putri, Amalia Cahaya Pratiwi mudik ke Solo, Jawa Tengah, walau dengan waktu yang terbatas. Dia rela bolak balik karena sudah tiga tahun tidak berlebaran bersama keluarga.

"Rasanya senang banget dan terharu," kata Tiwi.

"Padahal sebenarnya tidak ada banyak waktu tapi bisa menyempatkan diri untuk berlebaran bersama keluarga di rumah," tambahnya.

Tiwi bercerita, ia sempat pasrah ketika kesulitan mencari tiket pesawat. Itu karena jadwal yang dicarinya sudah tidak tersedia. Tapi, pebulu tangkis 21 tahun itu seolah dapat keberuntungan karena dapat tiket, tepat hari keberangkatan.

"Sebenarnya ini tidak direncanakan jauh-jauh hari. Saya izin ke pelatih hari Kamis (20/04/23) pagi dan ternyata diizinkan. Dari situ saya mencari tiket untuk pulang hari Jumat (21/04/23) sore karena kami di ganda putri masih latihan di Jumat pagi," cerita Tiwi.

"Tapi seharian di hari Kamis itu saya tidak menemukan jadwal yang saya inginkan, begitu juga ketika saya cek di Jumat pagi saat bangun tidur".

"Saya sempat pasrah dan berpikir mungkin memang takdirnya belum dibolehkan pulang. Tapi entah kenapa sesaat sebelum latihan di Jumat pagi itu, saya cek kembali aplikasi pemesanan tiket dan tiba-tiba alhamdulillah jadwalnya muncul," ungkapnya.

Sementara itu, ganda putra, Fajar Alfian juga menyempatkan mudik ke Bandung, Jawa Barat, di hari Idul Fitri kemarin. Selain silaturahmi dan meminta doa restu kepada orang tua. 

Jarak Jakarta-Bandung yang tidak terlalu jauh menjadi alasan Fajar saat memutuskan untuk mudik sebelum berangkat ke BAC 2023 di Dubai.

"Saya memang menyempatkan diri untuk pulang ke Bandung, merayakan Idul Fitri di rumah bersama orang tua dan keluarga. Jarak Jakarta Bandung kan tidak terlalu jauh dan saya mendapat libur dua hari kemarin, Jumat dan Sabtu," tutur Fajar.

"Di tahun sebelumnya saya tidak berlebaran bersama keluarga karena sedang pertandingan di Filipina. Jadi senang bisa berkumpul sekaligus meminta doa restu untuk pertandingan di BAC 2023 ini. Semoga ini menjadi tambahan motivasi untuk meraih hasil yang maksimal," ucap Fajar.