Ingin Menggeluti Olahraga Tenis? Ini Skill Dasar yang Harus Dikuasai

Senin, 24 April 2023 10:22 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Prio Hari Kristanto
© Komunitas Temu Tennis/Mootion Sport
Olahraga tenis menjadi salah satu kegiatan yang juga wajib dijajal untuk mengusir rasa bosan serta menjaga kebugaran tubuh. (Foto: Komunitas Temu Tennis/Mootion Sport) Copyright: © Komunitas Temu Tennis/Mootion Sport
Olahraga tenis menjadi salah satu kegiatan yang juga wajib dijajal untuk mengusir rasa bosan serta menjaga kebugaran tubuh. (Foto: Komunitas Temu Tennis/Mootion Sport)

INDOSPORT.COM – Olahraga tenis menjadi salah satu kegiatan yang juga wajib dijajal untuk mengusir rasa bosan serta menjaga kebugaran tubuh.

Dipandang sebagai salah satu olahraga yang elegan, permainan tenis juga semakin digemari oleh banyak orang.

Tak sedikit pula yang ingin mulai mencoba menekuni olahraga tenis demi bisa mengikuti berbagai kejuaraan.

Founder Komunitas Temu Tennis, Igantius Yuda, kepada INDOSPORT menerangkan soal skill dasar yang harus dikuasai untuk para petenis pemula.

“Menurut saya, skill dasar yang paling penting untuk bermain tenis adalah footwork,” terang Ignatius Yuda.

“Footwork yang baik sangat dibutuhkan ketika bermain. Karena, lawan kita akan memberikan bola yang tidak enak untuk kita pukul dan sangat berbeda dengan bola-bola yang diberikan oleh pelatih,” jelasnya.

Footwork dalam olahraga tenis merupakan skill pola langkah atau pola kaki yang seringkali diandalkan pada saat teknik menyerang dan bertahan dari lawan.

Skill ini sangat efektif digunakan pada saat olahraga tenis sehingga terbilang wajib untuk dikuasai oleh para petenis. Lebih lanjut, Ignatius Yuda juga memberikan sejumput tips lainnya untuk para petenis pemula.

“Untuk teman-teman yang baru bermain, carilah pelatih yang benar, bedakan sparring partner dan pelatih,” ujar Ignatius Yuda.

“Karena pelatih yang benar akan memberikan teknik dasar tenis yang kuat dan jika memiliki teknik dasar yang kuat kedepannya akan lebih mudah untuk ditingkatkan permainannya,” kata Yuda.