Berat! BAM Pasang Target Tinggi untuk ‘Penakluk’ Axelsen: 8 Besar BAC 2023!

Rabu, 26 April 2023 12:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Shi Tang/Getty Images
Tunggal putra Malaysia penakluk Viktor Axelsen, Ng Tze Yong, dipatok target tinggi dan berat oleh federasi bulutangkis negaranya (BAM) di ajang BAC 2023. Copyright: © Shi Tang/Getty Images
Tunggal putra Malaysia penakluk Viktor Axelsen, Ng Tze Yong, dipatok target tinggi dan berat oleh federasi bulutangkis negaranya (BAM) di ajang BAC 2023.

INDOSPORT.COM – Tunggal putra Malaysia penakluk Viktor Axelsen, Ng Tze Yong, dipatok target tinggi dan berat oleh federasi bulutangkis negaranya (BAM) pada ajang Badminton Asia Championships (BAC) 2023.

Hal ini disampaikan oleh direktur kinerja tinggi BAM, Tim Jones, mengingat BAC 2023 merupakan turnamen terakhir sebelum dimulainya kualifikasi Olimpiade Paris 2024 bulan depan.

Ng Tze Yong yang saat ini berperingkat 25 dunia harus bisa tampil sebaik mungkin. Raihan poin dari BAC 2023 ini menjadi modal baginya sebelum memulai race kualifikasi Paris.

“Kejuaraan Asia adalah kompetisi level Super 1000, jadi ini kesempatan bagus bagi Tze Yong untuk mengumpulkan beberapa poin peringkat yang berharga sebelum kualifikasi Olimpiade,” kata Jones dilansir dari The Star.

Persaingan Race to Paris ini akan sangat berat. Sebab, semua pemain dari peringkat teratas hingga di luar 16 besar akan bersaing demi bisa tampil di pesta olahraga empat tahunan tersebut.

Oleh karenannya, Tim Jones menargetkan Ng Tze Yong harus bisa mencapai setidaknya babak perempat final di setiap turnamen yang akan dia ikuti.

“Kami telah membahas secara rinci poin-poin yang diperlukan baginya untuk masuk ke 16 besar untuk lolos ke Olimpiade dan dia  targetnya harus mencapai setidaknya perempat final di setiap turnamen yang dia ikuti agar punya peluang bagus untuk lolos,” tambahnya.

Meski demikian, Tim Jones menyadari bahwa Ng Tze Yong tidak akan bisa selalu melakukan ini di setiap turnamennya.

Hal ini berkaca dari catatan tahun lalu di mana pemain yang berada di peringkat 16 besar justru kandas di babak pertama rata-rata sekali dalam tiga sampai lima turnamen.

“Sementara Tze Yong perlu menargetkan tahap akhir turnamen, kami berharap dia harus bisa selevel dengan pemain yang di atas,” sambung Jones.