Kisah Prince Dahal, ‘Taufik Hidayat’ Nepal yang Jelajah Thailand dan Malaysia demi BAC 2023

Rabu, 26 April 2023 14:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© instagram/princedahal_
Pebulutangkis tunggal putra Nepal, Prince Dahal. Foto: instagram/princedahal_. Copyright: © instagram/princedahal_
Pebulutangkis tunggal putra Nepal, Prince Dahal. Foto: instagram/princedahal_.

INDOSPORT.COM – Tunggal putra Nepal, Prince Dahal, rela menimba ilmu hingga Thailand dan Malaysia demi debutnya di Badminton Asia Championships 2023.

Prince Dahal, yang kerap dijuluki Taufik Hidayat-nya Nepal, mengawali debutnya di BAC 2023 di Dubai dengan manis lewat jalur kualifikasi.

Bertanding di Sheikh Rashid Bin Hamdan Indoor Hall, Dubai, United Arab Emirates, Selasa (25/04/23), Prince Dahal mengalahkan Nawaf Alghamdi dari Arab Saudi (21-6, 21-8) dan Batdavaa Munkhbat dari Mongolia (21-13, 21-16).

Dua kemenangan ini mengantarkan Prince Dahal menembus babak utama. Dia akan berhadapan dengan andalan Jepang, Kanta Tsuneyama, di babak 32 besar pada Rabu (26/04/23).

“Saya telah banyak berlatih di luar negeri termasuk Thailand dan Malaysia dan itu benar-benar membantu meningkatkan permainan saya (menjelang BAC 2023),” kata Prince Dahal dilansir dari Badminton Asia.

Ini bukan kali pertamanya Prince Dahal bermain di Dubai, terlepas dari debutnya di BAC. Pebulutangkis 18 tahun ini menyabet medali emas di Kejuaraan Junior International Dubai pada 2018 silam.

Setahun kemudian, dia kembali ke Uni Emirat Arab untuk memenangkan gelar Dubai International Series atau turnamen bulutangkis level U-19.

“Saya memiliki kenangan indah tentang Dubai setelah memenangkan pertandingan internasional junior pertama saya di sini pada tahun 2018,” ujar Prince Dahal melansir dari Badminton Asia.

Dua gelarnya di Dubai tersebut menjadi modal bagi Prince Dahal untuk bisa menjalani debutnya di Badminton Asia Championships 2023 sejak dirinya promosi ke level senior di awal tahun.

“Jadi, saya berharap dapat memberikan yang terbaik dan melakukannya dengan baik besok. Saya tidak membaca terlalu banyak tentang lawan saya,

"Saya hanya ingin memainkan permainan saya yang biasa,” ujar Prince Dahal jelang menghadapi Kata Tsuneyama.