Ramai Servis Trik 'Kotor' Jelang Piala Sudirman 2023, BWF Bisa Turun Tangan

Minggu, 7 Mei 2023 17:34 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Isman Fadil
© Lars Ronbog / FrontZoneSport via Getty Images
BWF bisa turun tangan terkait trik servis baru (spin serve) jelang Piala Sudirman 2023. Copyright: © Lars Ronbog / FrontZoneSport via Getty Images
BWF bisa turun tangan terkait trik servis baru (spin serve) jelang Piala Sudirman 2023.

INDOSPORT.COM – Asosiasi Bulutangkis Dunia (BWF) bisa turun tangan berkaitan dengan trik servis baru (spin serve) yang tengah dipelajari banyak pebulutangkis jelang Piala Sudirman 2023.

Baru-baru ini, muncul servis baru di dunia bulutangkis yang disebut spin serve di mana trik ini dipopulerkan oleh pebulutangkis Denmark, Marcus Rindshoj di Polish Open 2023.

Kala itu, pasangan Denmark Rasmuss Espersen/Marcus Rindshoj melawan ganda putra Singapura, Jun Liang Andy Kwek/Loh Kean Hean di 16 besar.

Secara kualitas, pasangan Singapura jauh lebih unggul. Namun, Espersen/Rindshoj takluk dengan skor yang terpaut tipis dalam dua gim, 19-21, 17-21.

Menariknya, beberapa poin berhasil diraih pasangan Denmark ini melalui trik 'servis kotor' yang disebut spin serve yang dilakukan oleh Marcus Rindshoj.

Sayangnya, service trik ‘kotor’ yang dipopulerkan Marcus Rindshoj ini mulai dipelajarai oleh beberapa pemain jelang Piala Sudirman 2023. Salah satunya, ganda putra India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Dilaporkan Times of India, ganda putra peringkat 5 BWF itu berusaha untuk mempelajari spin serve karena terbukti mampu mengelabui lawan dan menghasilkan banyak poin.

“Kami telah mencoba ini (spin serve) tapi kesulitan melakukannya,” ungkap Rankireddy kepada PTI dari Hyderabad, India.

“Kami mulai berlatih servis ini sebelum Kejuaraan Asia di Dubai. Pelatih Mathias Boe mengatakan kepada kami untuk berlatih sebanyak 30 sampai 40 menit,” sambungnya.

“Katanya (Mathias Boe) semua orang sudah melakukan servis ini. Menurut saya itu bakal sulit bagi orang-orang. Beberapa pemain Denmark dan Eropa telah melakukannya,” tutur Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty jelang Piala Sudirman 2023.