In-depth

Flashback Piala Sudirman: Pontang-panting Perjuangan Gregoria Mariska Beri Poin untuk Indonesia

Selasa, 9 Mei 2023 19:52 WIB
Editor: Juni Adi
© PBSI
Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung di Swiss Open 2023. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Tunggal putri Indonesia Gregoria Mariska Tunjung di Swiss Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, pernah tampil mengesankan di Piala Sudirman kala berhadapan dengan wakil Malaysia, Kisona Selvaduray.

Salah satu turnamen bulutangkis bergengsi di dunia, Piala Sudirman 2023 akan segera dimulai pada 14 hingga 21 Mei 2023 mendatang.

Kali ini China akan menjadi tuan rumah turnamen bulutangkis beregu tersebut. Total ada 16 tim yang akan berlaga untuk memperebutkan trofi termasuk Indonesia.

Ketua Umum PBSI, Agung Firman Sampurna, baru-baru telah melepas tim bulutangkis Indonesia untuk berjuang di Piala Sudirman 2023, pada Senin (08/05/23) di Ruang Serbaguna Pelatnas PBSI, Jakarta.

Berbekal materi pemain terbaik dan kolaborasi apik, Indonesia bertekad untuk bisa memboyong kembali Piala Sudirman sebagai kado terindah ulang tahun ke-72 organisasi tepok bulu nasional tersebut.

Untuk mewujudkan target tersebut, PBSI menurunkan nama-nama bintang berpengalaman di lima sektor yang dipertandingkan, yakni tunggal putra, ganda putra, tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran.

Pada edisi Piala Sudirman sebelumnya, yaitu yang digelar tahun 2021 lalu, China berhasil menjadi juara dengan mengalahkan Jepang di partai final.

Namun bukan berarti Indonesia tampil tanpa perjuangan di Piala Sudirman 2021 lalu. Lolos ke babak perempatfinal sebagai status juara grup C, langkah tim Merah Putih harus terhenti ditangan Malaysia.

Malaysia memang saat itu tampil lebih superior ketimbang Indonesia. Buktinya, Indonesia sempat tertinggal lebih dahulu 1-0.

Namun berhasil disamakan oleh tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung. Ia susah payah mengalahkan wakil Malaysia, Kisona Selvaduray, di partai kedua perempatfinal Piala Sudirman 2021. Berikut perjuangan Gregoria: