Indonesia Apes Ditekuk Thailand, BL Murka Gara-Gara Faktor Ini di Piala Sudirman

Kamis, 18 Mei 2023 17:42 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Kekalahan Indonesia dari Thailand pada laga ketiga Grup B Piala Sudirman 2023 membuat penggemar bulutangkis (BL) murka dan menyoroti Faktor X dalam turnamen ini (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Kekalahan Indonesia dari Thailand pada laga ketiga Grup B Piala Sudirman 2023 membuat penggemar bulutangkis (BL) murka dan menyoroti Faktor X dalam turnamen ini (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Kekalahan Indonesia dari Thailand pada laga ketiga Grup B Piala Sudirman 2023 membuat penggemar bulutangkis (BL) murka dan menyoroti Faktor X dalam turnamen ini.

Faktor X tersebut berkaitan dengan susunan pemain atau Order of Play masing-masing tim yang ditentukan BWF beberapa jam sebelum pertandingan.

Akun Badminton Talk dalam cuitan di Twitter kemudian menyebutkan bahwa Order of Play sangat menentukan hasil pertandingan.

Sementara di Piala Sudirman 2023 kali ini, semua pertandingan Grup A sampai D yang sudah dimainkan sampai hari ini, Kamis (18/02/23), selalu dibuka dengan partai ganda campuran.

“Order of play tentu sangat menentukan hasil dari pertandingan. Tertinggal 0-2 atau imbang 1-1 atau unggul 2-0 di partai ketiga itu tentu bebannya sangat berbeda. Bagaimana cara penentuan order of play yang sebaiknya dilakukan?” tulis Badminton Talk.

Indonesia awalnya tidak mengalami kendala terkait Order of Play ketika memetik kemenangan dalam dua pertandingan pertama Grup B Piala Sudirman 2023.

Fajar Alfian dan kawan-kawan tercatat mampu menang sempurna 5-0 atas Kanada dan kembali menang 4-1 atas Jerman.

Namun Order of Play ini kemudian menjadi masalah bagi para BL ketika Indonesia ditekuk Thailand pada pertandingan ketiga yang menentukan status juara grup B turnamen ini.

Menghadapi Thailand yang mana ganda campuran menjadi sektor terkuat mereka membuat Indonesia kalang kabut di pertandingan pertama.

Menurunkan Dejan Ferdinansyah/Gloria Widjaja, Indonesia gagal meraih poin usai pasangan non-pelatnas ini kalah dari Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai dua game langsung.