China Sudah 13 Kali Juara Piala Sudirman, Media Asing Panas-panasi Indonesia

Senin, 22 Mei 2023 15:27 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
© PBSI
Media asing, Sohu, sindir panas tim bulutangkis Indonesia usai China menyabet gelar juara ke-13 di Piala Sudirman 2023.(Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Media asing, Sohu, sindir panas tim bulutangkis Indonesia usai China menyabet gelar juara ke-13 di Piala Sudirman 2023.(Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Media asing, Sohu, secara tersirat menyindir dan bikin panas kuping tim bulutangkis Indonesia usai China menyabet gelar juara ke-13 di Piala Sudirman 2023.

Tim bulutangkis China kembali menunjukkan tajinya keluar sebagai juara Piala Sudirman 2023 usai mengalahkan Korea Selatan dengan skor 3-0.

Hasil ini turut memperpanjang rekor China sebagai tim tersukses di sepanjang sejarah Piala Sudirman dengan menyabet total 13 gelar juara.

Sementara di posisi kedua ada Korea Selatan dengan raihan empat gelar juara dan Indonesia yang baru meraih satu gelar juara yakni pada edisi perdana Piala Sudirman, 1989.

Kala itu, pada edisi 1989, tim bulutangkis Indonesia berhasil mengalahkan Korea Selatan di partai final dengan skor tipis 3-2.

Namun, pada edisi 2023, Indonesia tampaknya masih harus bersabar. Pasalnya, Gregoria Mariska dkk terhenti langkahnya di perempatfinal usai kalah dari China dengan skor 0-3.

Menariknya, kegagalan di Piala Sudirman kali ini menjadi sorotan media Sohu, yang tampak menyindir Indonesia karena baru meraih satu gelar juara dan performanya makin menurun.

“Indonesia berhasil memenangi turnamen ini pada edisi perdana (1989), lalu mereka gagal dalam enam final, kekuatan mereka jadi menurun drastis,” tulis Sohu.

Benar saja, performa tim Indonesia memang menurun drastis. Pada edisi sebelumnya, 2021, Skuat Merah Putih juga terhenti di perempatfinal usai kalah dari Malaysia.

Sementara sebelum bertemu China di edisi kali ini, Gregoria Mariska cs yang menjadi unggulan ketiga juga harus puas jadi runner-up Grup B usai kalah dari Thailand.