Ditekuk Wakil China, Ginting Ternyata 'Dicurangi' Wasit di Malaysia Masters 2023

Jumat, 26 Mei 2023 12:05 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Isman Fadil
© PBSI
Momen tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting, ‘dicurangi’ wasit di Malaysia Masters 2023 usai ditekuk wakil China, Weng Hongyang. Copyright: © PBSI
Momen tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting, ‘dicurangi’ wasit di Malaysia Masters 2023 usai ditekuk wakil China, Weng Hongyang.

INDOSPORT.COM – Momen tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting, ‘dicurangi’ wasit di Malaysia Masters 2023 usai ditekuk wakil China, Weng Hongyang.

Bertanding di Axiata Arena, Anthony Ginting harus mengakui keunggulan wakil China, Weng Hongyang di babak 16 besar dengan skor 19-21, 15-21.

Menariknya sebelum mengalahkan Ginting di babak 16 besar, Weng Hongyang dikenal sebagai penghancur tunggal putra Indonesia.

Sebut saja seperti Jonatan Christie yang pernah ia kalahkan dalam dua turnamen bulutangkis beruntun yakni di Badminton Asia Championships 2022 dan All England 2023.

Sementara itu di Malaysia Masters 2023 sendiri Weng Hongyang kembali menunjukkan tajinya sebagai penghancur wakil Indonesia dengan mengalahkan Anthony Ginting.

Menariknya, ada momen pebulutangkis Indonesia ranking BWF nomor dua dunia itu bak dicurangi wasit sebagaimana dalam unggahan akun Twitter @haloakukejora.

Dalam unggahan tersebut, menyajikan cuplikan video yang memperlihatkan line judge menganggap bola keluar padahal shuttlecock jelas masih menyentuh garis.

Anthony Ginting tampak protes, namun, karena bertanding bukan di court utama, ia tak bisa melakukan challenge dan berakhir dengan poin untuk Weng Hongyang.

Dengan hasil ini, Indonesia hanya mengirimkan satu wakilnya di perempat final Malaysia Masters 2023 yakni Christian Adinata yang saat ini sukses melaju ke semifinal.

Sementara wakil tunggal putra Indonesia lainnya yakni Jonatan Christie yang terhenti di babak 16 besar dari tunggal putra Jepang, Kenta Nishimoto.