Maraton 3 Turnamen, Leo/Daniel Buka-bukaan Strategi Tetap Fit di Thailand Open 2023

Selasa, 30 Mei 2023 07:40 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Maraton tiga turnamen beruntun di bulan Mei, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin buka-bukaan strategi agar tetap fit menjelang Thailand Open 2023. Copyright: © PBSI
Maraton tiga turnamen beruntun di bulan Mei, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin buka-bukaan strategi agar tetap fit menjelang Thailand Open 2023.

INDOSPORT.COM - Maraton tiga turnamen beruntun di bulan Mei, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin buka-bukaan strategi agar tetap fit menjelang Thailand Open 2023.

Sebagaimana diketahui, pasangan ganda putra, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin masuk dalam skuad Indonesia untuk Piala Sudirman 2023, 14-21 Mei di Suzhou, China.

Tak ada jeda, pemilik ranking BWF ke-9 ganda putra dunia itu langsung terbang ke Kuala Lumpur untuk mengikuti turnamen Malaysia Masters, pada 23-28 Mei 2023.

Leo/Daniel bermain sampai babak semifinal, Sabtu (27/05/23) kemarin. Mereka kemudian langsung terbang lagi ke Bangkok, untuk mengikuti perhelatan Thailand Open 2023.

Ajang Thailand Open 2023 mulai dihelat pada hari ini, Selasa (30/05/23). Selain Leo/Daniel, masih ada beberapa pemain lainnya yang juga maraton tiga turnamen beruntun.

Maka dari itu, pelatih fisik bulutangkis Indonesia, Yansen Alpine mengungkapkan cara menjaga kebugaran Leo/Daniel dkk di tengah padatnya jadwal pertandingan.

"Memang saat pertandingan seperti ini, yang bisa dilakukan hanya me-maintain kondisi atletnya saja," kata Yansen Alpine, dilansir dari rilis resmi PP PBSI, Selasa pagi.

"Jadi tidak bisa ditingkatkan, apalagi di tengah padatnya turnamen, dan yang saya fokuskan adalah bagaimana menjaga fisik dan stamina mereka supaya tidak terlalu turun."

"Untuk atlet yang sudah kalah (di Malaysia Masters), besoknya saya berikan program latihan yang disesuaikan dengan kondisi, bisa berupa latihan beban atau latihan cardio."

"Disesuaikan dalam arti volume latihannya diperkecil, tapi dengan intensitas tinggi. Ini membantu menjaga kondisi tenaga dan staminanya. Selain itu, makan, vitamin dan istirahat juga harus bagus dan cukup."