Aldila Sutjiadi Didzalimi di French Open, Legenda Yayuk Basuki Minta Ajukan Banding

Senin, 5 Juni 2023 12:07 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© Arif Rahman/INDOSPORT
Petenis putri Indonesia, Aldila Sutjiadi, saat menghadiri pembukaan FIKS Tennis Open 2022 The Oldest National Junior Turnament di Bandung, Sabtu (17/12/22). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Petenis putri Indonesia, Aldila Sutjiadi, saat menghadiri pembukaan FIKS Tennis Open 2022 The Oldest National Junior Turnament di Bandung, Sabtu (17/12/22).

INDOSPORT.COM - Legenda tenis Indonesia, Yayuk Basuki, meminta banding atas insiden Aldila Sutjiadi-Miyu Kato didiskualifikasi dari French Open 2023 karena tidak sengaja memukul bola ke arah Ball Girl.

Aldila Sutjiadi/Miyu Kato didiskualifikasi dari turnamen tersebut setelah Miyu Kato memukul bola mati hingga mengenai ball kid atau anak pemungut bola di pinggit lapangan.

Momen pahit tersebut dihadapi Aldila/Kato saat berhadapan dengan Marie Bouzkova/Sara Sorribes Tormo (Ceko/Spanyol) di Lapangan 14 Roland Garros, Paris, Prancis, Minggu (4/6/23).

Alhasil, setelah laga terhenti 15 menit untuk mengusus kasus ini, Aldila/Kato resmi didiskualisikasi alias tersingkir secara tidak hormat dari French Open 2023.

Sebaliknya, Bouzkova-Sorribes Tormo melenggang ke perempat final French Open dan akan menghadapi Ellen Perez/Nicole Melichar-Martinez (Australia/Amerika), Senin (5/6/23) waktu setempat.

Melalui akun Instagram-nya, Miyu Kato sudah meminta maaf atas kejadian tersebut. Dia juga menyesal kejadian ini membuat dirinya dan Aldila tidak dapat hadiah uang dan poin.

Lebih lanjut, Aldila Sutjiadi melalui akun resmi Instagram-nya juga menulis pesan terkait kejadian pahit yang dia alami bersama Miyu Kato.

"Terima kasih semuanya telah memberi kami cinta dan dukungan hari ini. Sungguh hari yang sangat berat dan saya masih tidak bisa berkata apa-apa tentang apa yang terjadi hari ini. Seharusnya ini menjadi pertandingan tenis, tetapi berubah jadi momen dramatis,” tulis Aldila.

“Saya minta maaf kepada para penggemar kami bahwa pertandingan berakhir seperti itu. Kami akan berjuang untuk kejadian yang sebenarnya!”

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Aldila Sutjiadi (@dila11)

“Kami berdua masih di ganda campuran. Miyu akan bermain besok dan saya akan bermain pada hari Selasa. Kami akan melanjutkan dari hari ini dan memberikan yang terbaik di ganda campuran,” pungkas Aldila Sutjiadi.

Unggahan Aldila Sutjiadi mendapat perhatian serius dari Yayuk Basuki. Perempatfinalis Wimbledon 1997 tersebut meminta Aldila segera mengirimkan surat banding untuk mencari keadilan.