Daftar Bocil Kematian di Papan Atas Ranking BWF, Fajar/Rian Terancam Lengser

Senin, 5 Juni 2023 20:25 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
© BWF
Ganda putra China, Wang Chang/Liang Weikeng menjadi salah satu bocil kematian di papan atas ranking BWF Copyright: © BWF
Ganda putra China, Wang Chang/Liang Weikeng menjadi salah satu bocil kematian di papan atas ranking BWF

INDOSPORT.COM – Posisi Fajar Alfian/Rian Ardianto tengah terancam usai para bocil kematian menguasai papan atas daftar ranking BWF.

Persaingan papan atas bulutangkis kini semakin sengit dan beragam, karena sejumlah nama baru mulai menunjukkan eksistensinya.

Berbeda dengan sebelumnya yang hanya didominasi oleh nama pemain senior yang menjadi langganan juara, kini banyak pebulutangkis muda yang mulai memberikan ancaman di papan atas termasuk ranking BWF.

Ada beberapa nama pemain muda yang kerap disebut sebagai bocil kematian, karena meski masih muda dan belum lama mentas di level senior namun sudah mampu bersaing dengan para jawara.

Sebut saja salah satunya ialah sang rising star ganda putra asal China, Liang Weikeng/Wang Chang yang mendadak menjadi monster meski belum lama debut di ajang bergengsi.

Liang/Wang sendiri belum lama ini dipasangkan, dan debut di ajang senior baru pada 2022. Namun tercatat keduanya baru tampil di Indonesia Masters 2022, namun hingga saat ini sudah meraih tiga gelar juara dan dua runner-up.

Liang Weikeng/Wang Chang sudah meraih tiga gelar juara di Japan Open 2022, India Open 2023 dan Thailand Open 2023. Kemudian menjadi runner-up di Indonesia Masters 2022 dan Malaysia Open 2023.

Deretan penampilan impresif ini membuat Liang/Wang melejit di ranking BWF, dan bahkan nyaris menyalip Fajar/Rian. Pasangan muda asal China itu diprediksi bakal melesat tiga posisi dari keenam menjadi peringkat ketiga dalam ranking BWF.

Fajar/Rian masih berada di peringkat pertama dengan 94.379 poin, disusul Liu Yuchen/Ou Xuanyi asal China (77.808) dan Liang/Wang (77.591).

Artinya, Fajar/Rian dan Liang/Wang hanya selisih 16.788 poin, yang tentu menjadi sinyal bahaya bagi wakil Indonesia karena bisa lengser.

Namun selain Liang Weikeng/Wang Chang yang mampu menjadi monster baru hingga nyaris melengserkan Fajar/Rian, ada sejumlah pebulutangkis muda lainnya yang disebut sebagai bocil kematian dan menghiasi papan atas ranking BWF.