Tren Merah Putih di Tur Asia Merosot Drastis, BL Cemas Nasib Sial Indonesia Open

Jumat, 9 Juni 2023 14:27 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Tren tim bulutangkis Indonesia di tur Asia semakin merosot di Singapore Open 2023 dan hal ini memancing kecemasan Badminton Lovers (BL) jelang Indonesia Open. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Tren tim bulutangkis Indonesia di tur Asia semakin merosot di Singapore Open 2023 dan hal ini memancing kecemasan Badminton Lovers (BL) jelang Indonesia Open. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Tren tim bulutangkis Indonesia di tur Asia semakin merosot setelah Singapore Open 2023. Hal ini memancing kecemasan Badminton Lovers (BL) menjelang Indonesia Open 2023 pekan depan.

Singapore Open 2023 saat ini tengah berlangsung. Ini menjadi ajang Tur Asia ketiga yang digelar pada Mei hingga Juni setelah Malaysia Masters dan Thailand Open 2023.

Tur bulutangkis Asia kemudian akan ditutup dengan ajang BWF World Tour Super 1000 bertajuk Indonesia Open 2023 yang akan digelar di Istora Senayan, Jakarta, 13-18 Juni 2023. 

Di Singapore Open 2023, Indonesia hanya menyisakan dua wakilnya di babak perempat final yang tengah hari ini, Jumat (09/06/23) di Singapore Indoor Stadium.

Kedua wakil Merah Putih tersebut adalah ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting.

Berdasarkan hasil pertandingan, Leo/Daniel juga ikut terjerembab di babak 8 besar usai dikalahlah secara dramatis oleh ganda Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Usai unggul di set pertama, Leo/Daniel takluk dari pasangan nomor 4 ranking BWF tersebut pada dua set berikutnya dengan skor akhir 21-18, 16-21, dan 20-20.

Dengan demikian, hanya tersisa Anthony Sinisuka Ginting yang akan menghadapi wakil China, Li Shi Feng pada babak perempat final turnamen BWF Super 750 tersebut.

Menilik dari catatan pada tur Asia selama Mei-Juni, Indonesia mengalami penurunan drastis jumlah wakilnya yang mampu lolos ke babak perempat final turnamen.

Dimulai dengan Malaysia Masters pada 23-28 Mei 2023, Indonesia hanya mampu melolos enam wakilnya ke babak perempat final.