In-depth

Apa Kabar Rony Agustinus? Legenda Bulutangkis Indonesia yang Direnggut Korsel

Selasa, 20 Juni 2023 05:49 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© PBSI
Mengintip kabar terkini Rony Agustinus, legenda tunggal putra Indonesia yang direnggut untuk melatih pelatnas Asosiasi Bulutangkis Korea Selatan (BKA). Copyright: © PBSI
Mengintip kabar terkini Rony Agustinus, legenda tunggal putra Indonesia yang direnggut untuk melatih pelatnas Asosiasi Bulutangkis Korea Selatan (BKA).

INDOSPORT.COM – Mengintip kabar terkini Rony Agustinus, legenda tunggal putra Indonesia yang direnggut untuk melatih pelatnas Asosiasi Bulutangkis Korea Selatan (BKA).

Menilik kabar terbarunya, Rony Agustinus sejak Juli 2022 dipercaya menjabat sebagai kepala pelatih tunggal Korea Selatan.  Bisa dibilang saat-saat ini adalah masa kegemilangannya.

Bagaimana tidak? Rony Agustinus saat ini bisa dibilang sebagai salah satu pelatih paling berkontribusi besar pada kesuksesan An Se-young menapaki top dua di ranking BWF tunggal putri.

Memang harus diakui jika An Se-young yang sudah mengganas sejak junior, menjadi semakin sulit dikalahkan dari hari ke hari, termasuk sejak kedatangan Rony Agustinus.

Di musim 2023 contohnya, murid Rony Agustinus tersebut bahkan nyaris ke final dari seluruh turnamen bulutangkis yang diikuti.

Dari data BWF, dari delapan final turnamen bulutangkis di musim 2023, An Se-young menapaki tujuh final turnamen dengan lima gelar juara.

Lima gelar juara An Se-young adalah India Open (S750), Indonesia Masters (S500), All England (S1000), Thailand Open (S500), dan Singapore Open (S750).

Statistik yang mencatatkan nama An Se-young sebagai pengoleksi lengkap gelar juara turnamen dari berbagai level musim ini, mulai dari Super 300 sampai Super 1000.

Saat ini Rony Agustinus yang bersinar di Korea Selatan, memiliki pertaruhan keramat lain untuk mengantarkan tunggal putra Negeri Gingseng ke top ranking BWF seperti An Se-young di tunggal putri.

Tentu dengan reputasinya sebagai legenda bulutangkis tunggal putra Indonesia, Rony Agustinus bisa mengemban misi itu dengan baik.

Di halaman berikutnya, perjalanan hidup Rony Agustinus dari seorang pemain hingga keputusannya hijrah sebagai pelatih di luar Indonesia akan dipaparkan secara lengkap.