Doping Lee Chong Wei hingga Match Fixing, 4 Skandal Paling Heboh di Bulutangkis Dunia

Rabu, 21 Juni 2023 16:35 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
© REUTERS/Hasnoor Hussain
Selain kasus doping hingga mach fixing yang dilakukan oleh Lee Chong Wei, ada beberapa skandal lainnya yang sempat menggemparkan bulutangkis dunia. (Foto: REUTERS/Hasnoor Hussain) Copyright: © REUTERS/Hasnoor Hussain
Selain kasus doping hingga mach fixing yang dilakukan oleh Lee Chong Wei, ada beberapa skandal lainnya yang sempat menggemparkan bulutangkis dunia. (Foto: REUTERS/Hasnoor Hussain)

INDOSPORT.COM – Selain kasus doping hingga mach fixing yang dilakukan oleh Lee Chong Wei, ada beberapa skandal lainnya yang sempat menggemparkan bulutangkis dunia.

Bulutangkis juga memiliki sejarah yang panjang sejak dimainkan pada abad ke-19, termasuk tak lepas dari sejumlah kontroversi yang menghebohkan dunia olahraga.

Beberapa kontroversi turut menyeret sejumlah bintang bulutangkis ternama, hingga merusak citra bulutangkis yang terkenal sebagai salah satu olahraga yang menjunjung sportivitas.

Untuk lebih lengkapnya, berikut deretan kontroversial yang pernah terjadi di bulutangkis dunia:

1. Perkelahian Lin Dan dengan Pelatih Korea Selatan

Lin Dan dikenal sebagai salah satu pebulu tangkis terhebat sepanjang masa. Namun prestasinya sayangnya tidak mampu diimbangi dengan sifatnya, yang terkenal sebagai pemain ‘sumbu pendek’ alias mudah marah dan penuh kontroversi.

Salah satu kontroversi yang pernah dilakukan oleh Lin Dan ialah terjadi saat final Korea Open 2008 silam. Saat itu sang tunggal putra peringkat 1 dunia di ranking BWF tersebut mencoba memukul Li Mao selaku pelatih Korea Selatan karena mendapatkan ejekan dari kubu lawan.

Hal ini pun menyebabkan perkelahian yang tak terelakan hingga membuat pihak keamanan harus turun tangan, catatan kelam ini pun menjadi salah satu kontroversi terburuk yang pernah terjadi di dunia bulutangkis.

2. Lee Chong Wei Tersandung Kasus Doping

Jika Lin Dan dikenal sebagai pemain yang emosional, berbeda dengan Lee Chong Wei yang selalu tampil tenang. Namun sayangnya, namanya sempat tercoreng karena tersandung kasus doping.

Saat itu legenda tunggal putra asal Malaysia itu dinyatakan positif mengonsumsi zat terlarang, yakni  menggunakan dexametason pada 2014 yang sempat nyaris membuat kariernya terancam hancur saat sedang dalam puncak kariernya.

Namun panel BWF akhirnya mengumumkan bahwa dexametason bukanlah obat terlarang di dunia olahraga dan Lee Chong Wei dinyatakan tidak bersalah, serta akhirnya bisa mengikuti ajang Olimpiade Rio 2016.