In-depth

Apa Kabar Alvent Yulianto? Paman Kevin Sanjaya yang Pernah Jadi Raja Ganda Putra

Kamis, 29 Juni 2023 18:49 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Prio Hari Kristanto
© Hannah Peters/Getty Images
Kabar legenda bulutangkis yang juga paman Kevin Sanjaya yakni Alvent Yulianto yang pernah menjadi raja ganda putra pada masanya. Copyright: © Hannah Peters/Getty Images
Kabar legenda bulutangkis yang juga paman Kevin Sanjaya yakni Alvent Yulianto yang pernah menjadi raja ganda putra pada masanya.

INDOSPORT.COM – Kabar legenda bulutangkis yang juga paman Kevin Sanjaya yakni Alvent Yulianto yang pernah menjadi raja ganda putra pada masanya.

Indonesia dikenal menelurkan banyak ganda putra top dari masa ke masa yang telah merajai berbagai turnamen bulutangkis hingga ranking BWF.

Ganda putra Indonesia yang menjadi penguasa ranking BWF di era 2010-an seperti Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Sementara itu, ganda putra Indonesia juga pernah merajai peringkat dunia pada era 2000-an. Sebut saja seperti Alvent Yulianto Chandra/Luluk Hadianto.

Ya, Alvent Yulianto Chandra yang kala itu berpasangan dengan Luluk Hadianto itu berhasil menjadi penguasa ranking ganda putra dengan bertengger di peringkat 1 dunia.

Tak hanya itu, pebulu tangkis yang juga diketahui sebagai paman dari Kevin Sanjaya itu juga berhasil meraih berbagai gelar juara selama menjadi penguasa ganda putra.

Pasangan Alvent Yulianto/Luluk Hadianto juga gemilang berhasil meraih berbagai gelar mentereng. Salah satunya adalah medali emas SEA Games 2003 dan 2007 di nomor beregu putra.

Meski belum meraih medali emas di main event (turnamen utama), prestasi Alvent/Luluk termasuk gemilang dengan meraih medali perunggu Kejuaraan Dunia 2005.

Selain itu, prestasi tertinggi Alvent Yulianto/Luluk Hadianto selama berkarier di dunia bulutangkis adalah meraih medali perak Asian Games 2006 di Doha, Qatar.

Sementara itu, Alvent Yulianto namanya juga dikenal penggemar bulutangkis modern karena memiliki hubungan darah dengan Kevin Sanjaya Sukamuljo.