In-depth

Kabar Terkini Huang Hua, Eks Ratu Bulutangkis China yang Putuskan Jadi WNI

Selasa, 4 Juli 2023 12:10 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
© BEN STANSALL/AFP/Getty Images
Sudah jarang tersorot, mari menilik kabar terkini Huang Hua, ratu bulutangkis China eks rival Susy Susanti yang putuskan jadi Warga Negara Indonesia (WNI). Copyright: © BEN STANSALL/AFP/Getty Images
Sudah jarang tersorot, mari menilik kabar terkini Huang Hua, ratu bulutangkis China eks rival Susy Susanti yang putuskan jadi Warga Negara Indonesia (WNI).

INDOSPORT.COM – Sudah jarang tersorot, mari menilik kabar terkini Huang Hua, ratu bulutangkis China eks rival Susy Susanti yang putuskan jadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Huang Hua semasa masih menjadi atlet bulutangkis China, dia merupakan salah satu dari jajaran elit tunggal putri terbaik di ranking BWF.

Huang Hua silih berganti bersaing di papan atas ranking BWF dengan Susy Susanti, Bang Soo-hyun, Kim Ji-hyun, Tang Jiuhong, dan seangkatannya. 

Pencapaian terbaiknya adalah menyabet medali perunggu Olimpiade Barcelona 1992 dan perak Kejuaraan Dunia Bulutangkis 1989.

Sementara di ajang beregu, Huang Hua juga turut mengantarkan tim bulutangkis China memenangkan Piala Uber pada tahun 1990 dan 1992.

Kesuksesan yang diraih eks rival Susy Susanti itu salah satunya berkat sang pelatih yang pernah tinggal di Indonesia, bernama Chen Yu Niang.

Jalan hidup yang baik-baik saja dari Huang Hua itu pun mulai bergelombang ketika sang ayahanda meninggal. Sementara dia tidak menghadiri pemakaman sang ayah karena sedang bertanding.

Kejadian itu membuat Huang Hua terpukul berat, hingga berujung pada keputusannya untuk memilih pensiun. Tanpa sang ayah, dia mengaku tidak memiliki motivasi lagi untuk bermain.

Jalan hidup Huang Hua kembali tak tertebak ketika dia dipertemukan dengan pria Indonesia yang merupakan kerabat dekat sang pelatih, Chen Yu Niang,  Bernama Tjandra Budi Dharmawan.

Pertemuan mereka menjadi intens ketika sama-sama menempuh Pendidikan di Amerika Serikat, dan akhirnya menikah pada 1993.

Keputusan menikah yang membuat Huang Hua pada akhirnya menetapkan pilihan untuk tinggal di Klaten dan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Lalu bagaimana kabar eks rival Susy Susanti itu sekarang?