In-depth

Apa Kabar Setyana Mapasa? 'Buangan' PBSI yang Bawa Australia Juara Canada Open

Kamis, 6 Juli 2023 11:21 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Matt Roberts/Getty Images
Setyana Mapasa, pebulutangkis kelahiran Indonesia yang kini membela negara Australia, dan pernah juara Canada Open 2019. Copyright: © Matt Roberts/Getty Images
Setyana Mapasa, pebulutangkis kelahiran Indonesia yang kini membela negara Australia, dan pernah juara Canada Open 2019.

INDOSPORT.COM - Apa kabar Setyana Mapasa? Atlet bulutangkis 'buangan' Indonesia yang justru mengibarkan bendera Australia saat juara Canada Open 2019 lalu.

Turnamen bulutangkis Canada Open 2023 sedang berlangsung di Markin MacPhail Centre, Kanada, 4-9 Juli 2023. Agenda ini naik level menjadi BWF Super 500.

Tahun ini Indonesia hanya mengirimkan satu wakil saja, yakni Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Namun melihat edisi sebelumnya, cukup banyak wakil Indonesia di Canada Open.

Bahkan, ada juga pebulu tangkis Indonesia yang justru membela Australia di Canada Open. Sosok itu adalah Setyana Mapasa, atlet kelahiran Minahasa, Sulawesi Utara.

Saat ini pun, Setyana Mapasa mewakili Australia di Canada Open 2023. Dia turun di dua sektor, yakni ganda putri dan ganda campuran.

Sayangnya, Angela Yu/Setyana Mapasa gugur di babak 32 besar. Demikian pula di sektor ganda campuran, pasangan Jack Yu/Setyana Mapasa langsung terhenti di babak awal.

Setyana gagal mengulang kejayaannya saat menjuarai Canada Open 2016 dan 2019 lalu. Kala itu ia bisa mengibarkan bendera Australia karena berpasangan dengan Gronya Somerville.

Tahun 2019, perjuangan pasangan Setyana Mapasa/Gronya Somerville tidak mudah. Di babak pertama, mereka bisa mengalahkan wakil China, kemudian pemain Chinese Taipei.

Beranjak ke babak perempat final, Setyana Mapasa/Gronya Somerville ketiban durian runtuh saat lawan asal Kanada walk out.

Memasuki semifinal, Setyana Mapasa/Gronya Somerville dihadapkan pada ganda China, Huang Jia/Yu Xiaohan. Mereka menang dengan skor sengit 21-19, 21-19.