Deretan Prestasi Tunggal Putri Indonesia Sejak Era Kepelatihan Indra Wijaya

Senin, 17 Juli 2023 13:02 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© PBSI
Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung di podium Malaysia Masters 2023. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung di podium Malaysia Masters 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Deretan prestasi cabor bulutangkis sektor tunggal putri Indonesia sejak era kepelatihan Indra Wijaya, yang terbaru ada Mutiara Ayu Puspitasari.

Sudah lama sektor tunggal putri Indonesia mengalami masa-masa suram. Regenerasi sempat terputus dan belum ada yang bisa menyusul prestasi Susy Susanti.

Namun, memasuki tahun 2023, sektor tunggal putri mulai berbenah. PBSI resmi menunjuk pelatih berpengalaman Indra Wijaya untuk membantu Gregoria Mariska Cs.

Di bawah tangan dingin Indra Wijaya, sektor tunggal putri Indonesia mulai mengalami peningkatan yang signifikan.

Bahkan, motivasi ini juga ikut ditularkan ke kelompok usia muda, sehingga kini muncul bibit-bibit pemain tunggal putri muda yang berprestasi di kancah internasional.

Berikut INDOSPORT merangkum sederet pencapaian tunggal putri Indonesia, sejak era kepelatihan Indra Wijaya.

1. Gregoria Mariska Raih Gelar World Tour

Pebulu tangkis Gregoria Mariska Tunjung memang pernah bersinar saat level junior, tetapi selama bertahun-tahun ia berjuang tanpa meraih prestasi di level senior.

Memasuki tahun 2023, perjuangan Gregoria Mariska akhirnya terbayar. Ia sukses meraih gelar World Tour pertama, yakni juara Spain Masters 2023 untuk level Super 300.

Tak berselang lama, Gregoria Mariska juga melenggang ke final Malaysia Masters 2023 Super 500, dan menyabet gelar runner up.

Saat ini Gregoria Mariska mencapai peak performance sebagai urutan 8 di ranking BWF, dan berpeluang tampil di BWF World Tour Finals hingga Olimpiade Paris 2024.