Kisah Tan Joe Hok, Orang Indonesia Pertama yang Juarai All England

Selasa, 25 Juli 2023 23:45 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© MerahPutih/INDOSPORT
Simak kisah Tan Joe Hok atau Hendra Kartanegara, orang Indonesia pertama yang pernah menjuarai All England. Copyright: © MerahPutih/INDOSPORT
Simak kisah Tan Joe Hok atau Hendra Kartanegara, orang Indonesia pertama yang pernah menjuarai All England.

INDOSPORT.COM – Simak kisah Tan Joe Hok atau Hendra Kartanegara, orang Indonesia pertama yang pernah menjuarai All England.

Dahulunya, Tan Joe Hok merupakan salah satu pebulu tangkis yang sangat disegani karena menjadi orang Indonesia pertama yang menjuarai kompetisi tingkat dunia.

Pria yang kini berusia 85 tahun itu adalah pemenang pertama yang menjuarai kompetisi paling prestisius bulutangkis, yaitu All England pada edisi 1959.

Saat itu, Tan Joe Hok berhasil mengalahkan Ferry Sonneville yang merupakan rekan kompatriotnya di partai puncak All England 1959.

Kepulangan Tan Joe Hok ke Tanah Air tentu saja mendapatkan sambutan heboh, termasuk kala dirinya sampai masuk dalam surat kabar dalam negeri.

Tak tanggung-tanggung, Tan Joe Hok sampai masuk dalam surat kabar edisi khusus karena sebagai tunggal putra Indonesia pertama yang menjuarai All England.

Jalanan ibu kota Jakarta bahkan sampai dikabarkan macat di mana pun lantaran mengarak dan merayakan keberhasilannya.

Prestasi Tan Joe Hok ternyata tidak berhenti sampai di situ saja, legenda bulutangkis Indonesia itu menjuarai Canada Open, US Open, Asian Games, dan beberapa gelar Piala Thomas.

Atas prestasinya yang cemerlang tersebut, Tan Joe Hok sampai diberikan tanda kehormatan Republik Indonesia Bintang Jasa Naraya.

Tentu saja masih banyak hal yang patut disimak dari Tan Joe Hoek, seperti cerita mengenai bakiak (sandal kayu), kontroversi dengan Ferry Sonneville, hingga rasa cintanya kepada sang istri yang masih membara walau sudah tiada.