Tips Netting Mematikan ala Legenda Bulutangkis Ardy B. Wiranata, Begini Triknya!

Kamis, 27 Juli 2023 04:00 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© https://alchetron.com
Dijuluki ‘si bola karet’ karena kelincahannya mengejar shuttlecock saat bertanding, legenda bulutangkis Ardy Bernardus Wiranata berbagi trik netting mematikan. Copyright: © https://alchetron.com
Dijuluki ‘si bola karet’ karena kelincahannya mengejar shuttlecock saat bertanding, legenda bulutangkis Ardy Bernardus Wiranata berbagi trik netting mematikan.

INDOSPORT.COM – Dijuluki ‘si bola karet’ karena kelincahannya mengejar shuttlecock saat bertanding, legenda bulutangkis Ardy Bernardus Wiranata berbagi trik netting mematikan.

Bermain bulutangkis atau badminton memang bukan hanya sekadar bisa memukul shuttlecock ke arah lawan di seberang net.

Namun menguasai teknik pukulan yang tepat agar dapat menempatkan shuttlecock dengan tepat sasaran dan mencetak poin, juga penting untuk dikuasai.

Kali ini, INDOSPORT.COM akan mengajak Anda untuk mempelajari secara khusus pukulan netting bulutangkis menurut legenda tunggal putra Indonesia Ardy B. Wiranata.

Namun sebelumnya penting untuk mengetahui apa itu netting. Dilansir dari PB Djarum, netting adalah pukulan yang dilakukan di dekat net, diarahkan sedekat mungkin ke net, kemudian dipukul dengan sentuhan tenaga yang halus sekali.

Pukulan netting yang baik diyakini apabila shuttlecock dipukul secara halus kemudian melintir tipis dekat dengan net, sehingga lawan kesulitan mengembalikannya.

Meskipun tujuannya sama, menurut Ardy B. Wiranata, saat ini banyak pula atlet bulutangkis yang melakukan netting memanjang.

“Kalau sekarang saya cermati, banyak pemain yang nettingnya itu agak panjang, dipanjangin. Mereka melakukannya dengan sengaja biar bergulirnya itu tidak tipis,” ujar Ardy B. Wiranata kepada INDOSPORT.COM.

Sebagai legenda bulutangkis tunggal putra era 90-an yang terkenal ulet dan cerdas ini, Ardy B. Wiranata mengaku jika banyak unsur mempengaruhi tingkat keberhasilan dalam netting.

“Netting itu banyak unsurnya. Posisi raketnya nih kalau menurut saya yang harus tepat. Saya senangnya kalau lagi mau nge-net, saya usahakan (raketnya) sejajar dengan shoulder (bahu) saya,” ujar Ardy B. Wiranata.

Dalam melakukan netting, koordinasi gerak kaki dan tangan, serta cara memegang raketnya memang sangat perlu diperhatikan.

Karena jika salah satu tubuh ada posisi tidak nyaman, tentu akan mempengaruhi keberhasilan seorang pemain melakukan netting.

“Intinya semua unsur dari tubuh, seperti kaki harus pas dan enak untuk melakukan netting. Kadang-kadang banyak pemain yang gagal melakukan netting karena posisi kakinya itu udah gak enak,” ujar Ardy B. Wiranata.