Dari Jojo hingga Ahsan, Sederet Fungsi Legging Atlet Bulutangkis yang Jarang Diketahui Orang

Jumat, 28 Juli 2023 17:00 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Prio Hari Kristanto
© PBSI
Selain merubah penampilan, legging yang dipakai pesohor bulutangkis, seperti Mohammad Ahsan dan Jonatan Christie punya fungsi lain. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Selain merubah penampilan, legging yang dipakai pesohor bulutangkis, seperti Mohammad Ahsan dan Jonatan Christie punya fungsi lain. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM -  Selain merubah penampilan, legging yang dipakai pesohor bulutangkis seperti Mohammad Ahsan dan Jonatan Christie punya fungsi lain.

Seperti diketahui, legging kini kerap kali dipakai oleh para pemain bulutangkis, terutama pemain asal Indonesia.

Mohammad Ahsan menjadi salah satu pelopor penggunaan legging di dunia bulutangkis dan memiliki beberapa alasan pemakaian barang tersebut.

Salah satu alasan Mohammad Ahsan untuk mengenakan legging adalah soal menutup aurat yang memang menjadi salah satu perhatian sebagai umat islam.

Namun demikian, pemakaian legging oleh Mohammad Ahsan kemudian diikuti beberapa pemain pelatnas bulutangkis Indonesia.

Jonatan Christie menjadi pemain yang kemudian mengikuti jejak Mohammad Ahsan memakai legging dalam pertandingan.

Selain itu, Muhammad Rian Ardianto dan Leo Rolly Carnando menjadi dua pemain bulutangkis Indonesia yang ikut mengenakan legging dalam pertandingan.

Menilik beberapa sumber, ada manfaat lain penggunaan legging bagi atlet yang kemudian membuat Mohammad Ahsan, Jonatan Christie, Muhammad Rian Ardianto, dan Leo Rolly Carnando mengenakannya.

Mampu Menyerap Keringat dengan Cepat

Salah satu manfaat legging adalah untuk menyerap keringat dengan cepat yang menjadi masalah atlet dalam berolahraga, terutama bulutangkis.

Bahan legging yang halus memang dirancang untuk membantu menyerap keringat yang tentu bermanfaat kala digunakan dalam kegiatan olahraga ringan.

Namun demikian, ada beberapa legging dengan bahan yang cenderung licin dapat digunakan untuk marathon dan angkat berat.