In-depth

4 Atlet Bulutangkis yang Makin Bersinar di Negeri Orang Usai Tak Lagi di PBSI

Selasa, 8 Agustus 2023 14:05 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
© Badminton Indonesia
Mengenal empat atlet bulutangkis yang kian bersinar di negeri orang usai tak lagi menghuni pelatnas PBSI, dari Karono, Rehan Diaz, Arya Maulana, dan Panji Akbar Sudrajat. Copyright: © Badminton Indonesia
Mengenal empat atlet bulutangkis yang kian bersinar di negeri orang usai tak lagi menghuni pelatnas PBSI, dari Karono, Rehan Diaz, Arya Maulana, dan Panji Akbar Sudrajat.

INDOSPORT.COM – Mengenal empat atlet bulutangkis yang kian bersinar di negeri orang usai tak lagi menghuni pelatnas PBSI, dari Karono, Rehan Diaz, Arya Maulana, dan Panji Akbar Sudrajat.

Bulutangkis merupakan salah satu olahraga paling populer di Indonesia, hingga banyak masyarakat yang berlomba untuk menjadi atlet pelatnas PBSI.

Hanya saja karena beragam alasan, ada pula ada atlet penghuni pelatnas PBSI yang memutuskan hengkang. Ada pula atlet yang harus rela terdegradasi dari PBSI sebagai bagian dari persaingan.

Meski hengkang dari pelatnas PBSI, beberapa atlet bulutangkis berikut ini justru kian ganas berkarier di luar negeri. Mereka di antaranya Karono, Rehan Diaz, Arya Maulana, dan Panji Akbar Sudrajat.

1. Karono

Lahir di Sukoharjo 28 Februari 2000, Karono sudah mencuri perhatian Indonesia dengan bakat luar biasanya di bulutangkis.

Termasuk kala menjuarai Jakarta Open Junior International Championships 2018. Sejak saat itu, Karono membuat PBSI kepincut untuk meminangnya.

Dia tak berhenti mencuri perhatian kala tampil gemilang di Simulasi Piala Thomas 2020 PBSI. Saat itu, Karono sukses merepotkan sejumlah bintang dari Jonatan Christie hingga Anthony Ginting.

Sayangnya, Karono tak cukup untuk mendapatkan kesempatan bertanding di turnamen bulutangkis internasional. Pada 2021, Karono hanya tampil di dua turnamen internasional.

Sampai akhirnya, muncul kabar menggemparkan ketika Karono menjadi bagian dari atlet yang terdegradasi dari pelatnas PBSI pada awal 2022 lalu.

Apapun itu, takdir sudah digariskan Tuhan untuk Karono. Pebulutangkis muda Indonesia itu memilih tak menyerah dengan kehidupan barunya usai jadi pebulutangkis nonpelatnas.

Turnamen demi turnamen diikutinya meskipun gelar juara masih jauh dari genggaman. Sampai pada cerita ketika Karono memilih hijrah ke Australia dengan membela sebuah klub bernama Pro Badminton.

Dia sebenarnya tidak sendiri hijrah ke Australia. Beberapa pebulutangkis asal Indonesia juga berkarier di sana seperti Andika Ramadiansyah, Mia Dian Nurlia, dan masih banyak lagi.

Karono dengan segala bakat yang dimilikinya perlahan bisa kembali merajut sinar benderang dalam kariernya sebagai atlet bulutangkis.

Pada Minggu (26/6/23) lalu, eks tunggal putra pelatnas PBSI yang sedang merajut karier di ranking BWF itu baru menjuarai New South Wales Grand Prix Open 2023.

Dilansir dari laman Tournament Software, ajang New South Wales Grand Prix Open 2023 berlangsung pada 24 sampai 25 Juni di Alpha Badminton, Silverwater, Australia.