In-depth

Pebulutangkis Top Eropa yang Jago Bahasa Indonesia, Ada yang Sampai Les Khusus

Selasa, 15 Agustus 2023 21:18 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
© https://bwfworldtour.bwfbadminton.com/
Sejumlah atlet bulutangkis top Eropa yang jago berbahasa Indonesia bahkan ada yang sampai les khusus seperti Hans-Kristian Solberg Vittinghus dan Mathias Christiansen. Copyright: © https://bwfworldtour.bwfbadminton.com/
Sejumlah atlet bulutangkis top Eropa yang jago berbahasa Indonesia bahkan ada yang sampai les khusus seperti Hans-Kristian Solberg Vittinghus dan Mathias Christiansen.

INDOSPORT.COM – Sejumlah atlet bulutangkis top Eropa yang jago berbahasa Indonesia bahkan ada yang sampai les khusus seperti Hans-Kristian Solberg Vittinghus dan Mathias Christiansen.

Ada pula Carolina Marin, Lianne Tan, hingga Yuhan Tan. Mari membahas profil mereka satu per satu dan alasan mereka fasih berbahasa Indonesia.

1. Hans-Kristian Solberg Vittinghus (Denmak)

Selain karena kemampuan di atas lapangan dan keramahannya terhadap penggemar, Hans-Kristian Solberg Vittinghus kerap kali menunjukkan ketertarikannya dengan budaya Indonesia.

Seperti Vittinghus yang dikenal sebagai pecinta mie instan buatan Indonesia, hingga dia yang kerap kali antusias memakai batik yang merupakan fesyen khas Tanah Air.

Tak hanya itu. Hans-Kristian Solberg Vittinghus juga sengaja mempelajari Bahasa Indonesia yang difasilitasi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Copenghagen, Denmark.

Alasan ketertarikannya Vittinghus belajar bahasa Indonesia salah satunya agar dia bisa mudah melakukan percakapan dengan Badminton Lovers dari Tanah Air.

Karena seperti diketahui jika Hans-Kristian Solberg Vittinghus tersebut memiliki sangat banyak penggemar dari Indonesia.

Setelah mendapatkan sertifikasi, Hans-Kristian Solberg Vittinghus sering memamerkan kemahiorannya berbahasa Indonesia di media sosial.

Seperti kala dia berkomunikasi dengan badminton lovers Indonesia saat meminta tips memasak ayam bumbu rujak, salah satu kuliner khas Tanah Air. Vittinghus juga menyanyikan lagu 'Indonesia Jaya.'

2. Mathias Christiansen (Denmark)

Seperti Hans-Kristian Solberg Vittinghus, kompatriotnya dari Denmark, Mathias Christiansen juga diketahui tertarik kursus bahasa Indonesia.

Dalam sebuah wawancara dilansir dari kanal Youtube The Badminton Experience, rupanya Mathias Christiansen tertarik belajar bahasa Indonesia dari Anders Antonsen.

“Kamu (Antonsen) memberi saya ide. Ketika saya mendengar Viktor (Axelsen) belajar bahasa Mandarin, saya sempat berpikir untuk ikutan.”

“Namun saya menyadari saya tak punya waktu, dulu saya bekerja dan sekolah jadi saya tak sempat. (Apalagi) bahasa Mandarin sangat susah.”

“Saya selalu kepikiran untuk belajar bahasa. Lalu suatu hari kami minum kopi bareng dan kamu bilang sedang belajar bahasa Indonesia. Kemudian ada pandemi corona dan kamu mendorong saya untuk belajar juga,” ungkap Mathias Christiansen.

Partner Alexandre Boje di ganda campuran ini beberapa kali wawancara dengan bahasa Indonesia dengan sejumlah pemain dan staf tim bulutangkis Merah Putih.