5 Pebulutangkis Indonesia yang Sukses Raih Seluruh Medali di Kejuaraan Dunia Bulutangkis

Minggu, 20 Agustus 2023 18:37 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
© PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. (Foto: PBSI) Copyright: © PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM – Terdapat lima pebulutangkis Indonesia yang berhasil meraih seluruh medali dalam satu sektor di ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

Kejuaraan Dunia Bulutangkis atau BWF World Championship bakal segera dihelat pada Senin (21/08/23) hingga Minggu (27/08/23) di Kopenhagen, Denmark.

Indonesia sendiri menjadi salah satu negara penyumbang medali terbanyak di ajang bulutangkis  yang termasuk major event ini.

Ya, sejak dahulu Indonesia rutin meraih gelar juara di berbagai sektor berbeda di turnamen yang setara level BWF Super 1000.

Bahkan terdapat fakta bahwa ada lima pebulutangkis Indonesia yang mampu meraih seluruh medali baik emas, perak maupun perunggu di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

Kelima pemain tersebut berasal dari tiga sektor berbeda. Yakni ada Taufik Hidayat di tunggal putra yang pernah meraih semua medali.

Taufik Hidayat sempat meraih medali emas di Kejuaraan Dunia Bulutangkis edisi 2005. Lalu satu perak pada 2010, dan dua perunggu pada 2001 dan 2009 silam.

Kemudian Indonesia punya tiga pemain ganda putra yang berhasil meraih gelar serupa. Yakni Christian Hadinata, Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan.

Christian Hadinata pernah meraih medali emas bersama Ade Chandra, perak pada 1977 dengan pasangan yang sama. Lalu satu medali perunggu bersama Bobby Ertanto pada 1983.

Lalu pasangan Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan juga berhasil meraih semua medali di Kejuaraan Dunia Bulutangkis.