In-depth

Atlet Top Tapi Nol Medali Kejuaraan Dunia Bulutangkis, Termasuk Kevin/Marcus

Senin, 21 Agustus 2023 11:34 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sejumlah atlet top ternyata belum sekali pun meraih medali Kejuaraan Dunia Bulutangkis, termasuk Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sejumlah atlet top ternyata belum sekali pun meraih medali Kejuaraan Dunia Bulutangkis, termasuk Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

INDOSPORT.COM – Sejumlah atlet top ternyata belum sekali pun meraih medali Kejuaraan Dunia Bulutangkis, termasuk Kevin Sanjaya/Marcus Gideon.

BWF World Championships atau Kejuaraan Dunia Bulutangkis telah digelar sejak 1977. Selama penyelenggaraannya, banyak atlet mengukir namanya sebagai yang tersukses di ajang ini.

Nama-nama seperti Hendra Setiawan, Mohammad Ahsan, dan Liliyana Natsir menjadi yang tersukses dari Indonesia di ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Jika mengacu pada pencapaian atlet dunia, sosok Lin Dan dari China menjadi yang tersukses di Kejuaraan Dunia Bulutangkis dengan raihan lima keping medali emas.

Hanya saja di balik itu semua, rupanya ada sederet nama atlet top yang belum sekalipun menggenggam medali emas, baik yang sudah pensiun maupun yang masih aktif bermain.

Dari pantauan INDOSPORT, setidaknya ada lima atlet top dunia yang masih nol medali alias tak pernah memenangi Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Mereka adalah Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon, Lee Yang, dan Nami Matsuyama/Chiharu Shida. Mari membahas profil mereka satu per satu.

1. Kevin Sanjaya/Marcus Gideon (Indonesia)

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dari Indonesia bisa disebut sebagai salah satu ganda putra paling sukses di dunia.

Kevin/Marcus menguasai puncak ranking BWF nyaris lima tahun sejak 2017 hingga akhir 2022 silam. Belum lagi capaian mentereng yang ditorehkan keduanya.

Emas Asian Games 2018 hingga puluhan gelar juara di ajang BWF World Tour berbagai level menjadi salah satu bukti betapa suksesnya mereka sebagai pasangan.

Hanya saja di balik menterengnya prestasi Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, rupanya pasangan berjuluk The Minions itu belum sekali pun meraih medali Kejuaraan Dunia.

Kevin/Marcus telah empat kali berpartisipasi sebagai pasangan di Kejuaraan Dunia, masing-masing di tahun 2017, 2018, 2019, dan 2022. Namun paling banter mereka hanya finis di perempat final.

Marcus Gideon juga pernah berpasangan dengan Markis Kido di Kejuaraan Dunia 2014, namun kembali berakhir di babak 16 besar.

Begitu pula ganda campuran dengan Rizki Amelia Pradipta di edisi yang sama, Marcus Gideon juga harus puas terdepak di babak 64 besar Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2014.

Entah kapan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon akan bisa memupus dahaga medali Kejuaraan Dunia. Apalagi saat ini mereka diketahui sedang diceraikan oleh pelatih ganda putra PBSI.