Alwi Farhan Lolos ke Semifinal IIC 2023, Indonesia Amankan Satu Tiket ke Final

Jumat, 1 September 2023 18:46 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Isman Fadil
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Alwi Farhan mengikuti turnamen bulutangkis Indonesia International Challenge 2023. (Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT) Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Alwi Farhan mengikuti turnamen bulutangkis Indonesia International Challenge 2023. (Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Unggulan ke-7 tunggal putra, Alwi Farhan, berhasil meraih tiket ke semifinal Indonesia Internasional Challenge (IIC) 2023 Medan, usai sukses mengalahkan lawannya di perempatfinal.

Bermain di court 3 GOR PBSI Sumut, Jumat (01/09/23) sore, Alwi yang kini duduk di ranking 103 BWF ini sukses menundukkan non unggulan asal India, Rithvik Sanjeevi Satish Kumar (175 BWF), lewat pertarungan ketat tiga set, 19-21, 21-18, 21-15.

"Main hari ini under perform juga, masih ada rasa tegang. Ya paling mental aja sih yang perlu diperbaiki, tapi kalau dari pukulan sudah oke sih. Banyak kesalahan bukan di teknik tapi malah di non teknis," kata Alwi kepada awak media usai laga.

Selanjutnya, Alwi yang merupakan atlet Tunggal Putra Utama Pelatnas Cipayung ini akan bersua sesama wakil Indonesia sekaligus juniornya di Pelatnas Cipayung, Tegar Sulistio (Pratama/209 BWF).

Di mana Tegar sukses ke babak 4 besar usai menang atas pebulutangkis veteran Tommy Sugiarto (unggulan 15/153 BWF). 

Tegar menang menyusul anak dari legenda Icuk Sugiarto itu mundur karena mengalami masalah di betis kanan Tommy saat Tegar unggul di interval pertama 11-5.

Artinya, duel Tegar vs Alwi di semifinal memastikan satu tiket partai puncak tunggal putra sudah diamankan oleh wakil Merah Putih.

Jelang laga esok, Alwi mengaku bersyukur bisa sampai ke babak semifinal. "Bersyukur juga karena besok main di semifinal bisa lebih all out lagi. Pribadi masih ada beberapa kendala dan mudah-mudahan besok bisa lebih rileks dan fokus lagi," ucap Alwi.

"Sebenarnya target awal itu main bagus (setiap pertandingan), kalau menang itu lebih ke bonus aja sih," tutup pebulutangkis muda 18 tahun itu.