In-depth

Apa Kabar Lee Yong-dae? Jagoan China Open yang Obrak-abrik Dominasi Tuan Rumah

Jumat, 1 September 2023 16:29 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Lee Yong-dae merupakan pemain tersukses di China Open. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Lee Yong-dae merupakan pemain tersukses di China Open. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Lee Yong-dae tercatat sebagai pemain tersukses di turnamen bulutangkis China Open.

Mantan pebulu tangkis Korea Selatan tersebut tampil cukup mencolok bersama rekan-rekan senegaranya di ajang ini dari tahun ke tahun.

Meski mengantogi jumlah gelar yang sama dengan Lin Dan dan Yu Yang di satu sektor, Lee Yong-dae unggul karena ia bermain di ganda putra dan campuran.

Ia meraih lima gelar di sektor ganda putra dengan partner yang berbeda: Yoo Yeon-seong (2013, 2014) dan Jung Jae-sung (2008,2009, 2010).

Sementara di ganda campuran, podium tertinggi juga berhasil dinaikinya bersama Lee Hyo-jung dua kali pada 208 dan 2009.

Jika ditotal, Lee Yong-dae sudah mengantongi 7 (tujuh) gelar China Open. Ia juga menjadi runner-up di edisi 2012 bersama Ko Sung-hyun.

Raihan tersebut, sampai hari ini belum disamai oleh pemain mana pun, bahkan Lin Dan dan seabrek pemain tuan rumah yang kerap berjaya di negeri sendiri.

Dua mantan pemain dari Korea Selatan yang paling dekat dengan jumlah gelar Lee Yong-dae adalah Chung Myung-hee dan Jung Jae-sung.

Selain itu, para pemain dari Negeri Ginseng juga sering menyempil di jajaran peraih gelar China Open - di tengah gempuran wakil-wakil tuan rumah.

Tidak hanya tiga sosok di atas, Park Joo-bong, Kim Dong-moon, Lee Hyo-jung, dan Yoo Yeon-seong juga berada di daftar peraih dua gelar atau lebih.

Selama berkarier sebagai pebulu tangkis, Lee Yong-dae tidak hanya pandai meraih hati dan perhatian penonton di venue pertandingan.

Di luar lapangan, ia juga menjadi favorit banyak orang karena dianggap memiliki wajah yang tampan.

Bahkan, ayah satu anak ini juga sempat viral karena kedipan matanya di upacara penyerahan medali Olimpiade Beijing 2008.

Lee Yong-dae pertama mengungumkan akan pensiun pada 2016 usai memenangkan Korean Superseries bersama Yoo Yeon-seong.

Tidak lama kemudian, tepatnya pada 2018, ia melakukan comeback dan berpartner dengan Kim Gi-jung.