Tak Pernah Tonton Video Analisis, Tai Tzu Ying Kena Kritik para Rival?

Minggu, 10 September 2023 15:40 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tidak pernah menonton video analisis prapertandingan, Tai Tzu Ying dikritik An Se-young dan Carolina Marin? Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tidak pernah menonton video analisis prapertandingan, Tai Tzu Ying dikritik An Se-young dan Carolina Marin?

INDOSPORT.COM – Tidak pernah menonton video analisis prapertandingan, Tai Tzu Ying dikritik An Se-young dan Carolina Marin?

Menonton video analisis sebelum berlaga kiranya adalah persiapan lumrah yang dilakukan oleh setiap atlet bulutangkis.

Video analisis dipelajari guna mencari kelemahan dan pola permainan lawan dan diri sendiri demi meraih kemenangan di setiap pertandingan.

Akan tetapi, menariknya Tai Tzu Ying dari Chinese Taipei mengaku tak pernah menjalankan ‘ritual’ menonton video analisis sebagai persiapan sebelum berlaga.

“Saya tidak pernah menonton video (analisis) apapun sebagai bagian persiapan. Saya tak menonton diri saya maupun orang lain,” aku Tai Tzu Ying melalui BWF News.

Mantan ranking 1 BWF tunggal putri itu berpendapat bahwa semakin sedikit jumlah kesalahan yang dibuatnya, kian besar peluangnya untuk menang.

“Hasil pertandingan bergantung pada jumlah eror yang saya buat,” sambungnya, “Saat saya kalah, saya tahu aspek mana yang tak dilakukan dengan baik.”

“Jadi, jika saya menonton video (analisis) di masa lalu, semua yang saya pelajari adalah saya perlu memperbaiki kesalahan saya.”

“Mengetahui hal ini tidak akan membantu permainan saya karena bergantung pada saya sendiri. Jika saya bisa melakukan segalanya yang saya inginkan atau yang harus dilakukan, saya bisa memberikan tindakan terbaik saya.”

“Jika saya menonton video (analisis) dan masih membuat banyak eror, hal itu tidak akan membantu. Semua memang berserah pada saya sendiri.”

Namun, bagaimana reaksi rivalnya, An Se-young dan Carolina Marin, menanggapi bahwa Tai Tzu Ying sama sekali tak pernah menonton video analisis?