In-depth

Profil David Pohan, Pelatih Bulutangkis Indonesia yang Bawa Gelar Piala Suhandinata

Jumat, 22 September 2023 12:40 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Badminton Indonesia
Mengenal sosok David Pohan, pelatih bulutangkis Indonesia yang akhirnya sukses membawa gelar Piala Suhandinata. Copyright: © Badminton Indonesia
Mengenal sosok David Pohan, pelatih bulutangkis Indonesia yang akhirnya sukses membawa gelar Piala Suhandinata.

INDOSPORT.COM – Mengenal sosok David Pohan, pelatih bulutangkis Indonesia yang akhirnya sukses membawa gelar Piala Suhandinata.

Sebagaimana diketahui, ajang beregu kejuaraan Dunia Junior 2023 yang memperebutkan Piala Suhandinata sebentar lagi akan bergulir.

Kompetisi yang juga dikenal sebagai Piala Suhandinata ini akan berlangsung pada 25-30 September di The Podium, Spokane, Washington, United States.

Sebanyak 40 negara yang mewakili lima federasi kontinental akan unjuk gigi, dan pengundian grup atau drawingnya sudah dilakukan pada 9 Agustus silam.

Indonesia yang menjadi salah satu negara partisipan, masuk di Grup E bersama Estonia, Armenia, Portugal, dan Georgia.

Indonesia pun menurunkan skuad terbaiknya demi bisa mengulangi masa kejayaannya seperti di Piala Suhandinata 2019 lalu.

Ya, setelah sekian lama selalu menjadi runner-up atau semifinalis di turnamen yang sudah berlangsung sejak tahun 2000, Indonesia akhirnya meraih gelar juara.

Indonesia memenangi pertarungan sengit melawan China di partai final, dan akhirnya menang di Piala Suhandinata 2019.

Ini merupakan gelar pertama Indonesia setelah tiga kali menjadi runner-up dan empat kali menjadi semifinalis atau meraih perunggu di ajang bergengsi junior tersebut.

Selain karena perjuangan para pemain, tentunya torehan ini tak lepas dari andil para pelatih salah satunya ialah David Yedita Pohan.

Namun siapakah sosok David Pohan, selaku salah satu pelatih yang turut membantu tim junior bulutangkis Indonesia menjadi juara di Piala Suhandinata 2019? Berikut ulasan singkatnya: