Ruselli Hartawan, Tunggal Degradasi PBSI yang Pernah ‘Lumpuhkan’ An Se-young

Senin, 25 September 2023 06:48 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Humas PBSI
Mengenal Ruselli Hartawan, tunggal putri degradasi PBSI yang ternyata pernah mengalahkan An Se-young di Hong Kong Open 2019. Copyright: © Humas PBSI
Mengenal Ruselli Hartawan, tunggal putri degradasi PBSI yang ternyata pernah mengalahkan An Se-young di Hong Kong Open 2019.

INDOSPORT.COM – Mengenal Ruselli Hartawan, tunggal putri degradasi PBSI yang ternyata pernah mengalahkan An Se-young di Hong Kong Open 2019.

Nama pebulutangkis Ruselli Hartawan tentu tak asing lagi di telinga penggemar bulutangkis atau Badminton Lovers di Indonesia.

Ia pernah menjadi bagian dari Pelatnas PBSI di sektor tunggal putri dan pernah gemilang meraih beberapa gelar juara di turnamen bulutangkis.

Namun, salah satu turnamen yang pernah ia ikuti yakni Hong Kong Open 2019 kembali menjadi sorotan panas penggemar bulutangkis baru-baru ini.

Ya, di Hong Kong Open 2019, Ruselli Hartawan berhasil mengalahkan An Se-young, tunggal putri digdaya yang saat ini menduduki peringkat 1 di ranking BWF.

Kala itu, Ruselli berhasil mengalahkan An Se-young di babak 16 besar final Hong Kong Open 2019 dalam dua gim langsung dengan skor 21-18, 21-19.

Sayangnya, langkah mantan pebulutangkis PBSI itu harus terhenti di perempat final usai ditekuk wakil Amerika Serikat, Zhang Beiwen 2 gim langsung.

Tentu, menjadi catatan positif bagi Ruselli Hartawan. Pasalnya, An Se-young saat ini menjadi pebulutangkis yang sulit dikalahkan.

Bagaimana tidak, tunggal putri Korea Selatan itu mencatatkan penampilan yang impresif di musim 2023 dengan mengoleksi 9 gelar juara dan 2 runners-up.

Beberapa gelar juara tersebut di antaranya India Open, Indonesia Masters, Kejuaraan Dunia, All England, Japan Open hingga China Open.